Pinterest Hadirkan Idea Pins, Fitur Video Pertama untuk Content Creator

0
246

Pinterest kembali menghadirkan fitur baru yang dinamakan Idea Pins. Fitur ini merupakan fitur video pertama yang ditujukan untuk content creator.

Fitur Idea Pins dirancang untuk para content creator yang ingin menceritakan kisah mereka menggunakan video, musik, alat pengeditan kreatif dan masih banyak lagi. Fitur ini sangat mirip dengan yang diambil Pinterest tentang TikTok yang dicampur dengan Storoes karena Pin baru memungkinkan mereka untuk merekam dan mengedit video kreatif hingga 20 halaman konten.

Fitur ini dilengkapi dengan alat seperti voiceover recording, backsound music, transistions dan elemen interaktif lainnya. Pinterest menyatakan bahwa Idea Pins berevolusi dari pengujiannya dengan Story Pins. Fitur ini akan diluncurkan ke versi beta pada September 2020 setelah berbagai tahap pengembangan dimulai tahun sebelumnya.

Pinterest menjelaskan bahwa Story Pin berbeda dari Stories yang kamu temukan di jejarin sosial lain, seperti Snapchat, atau Instagram. Pasalnya, fitur tersebut berfokus pada apa yang dilakukan seseorang – seperti mencoba ide baru atau produk baru. Bukan memberi cuplikan seputar kehidupan personal.

Pembeda penting lainnya adalah Story Pin tidak bersifat sementara. Artinya, fitur ini tidak menghilang setelah jangka waktu tertentu. Melainkan dapat muncul melalui penelusuran dan mekanisme penemuan lainnya.

Selama delapan bulan terakhir sejak diluncurkan, Pinterest telah bekerjasama dengan pembuat Story Pin dalam pengalaman tersebut. Hal tersebut mengarah pada konsep baru Idea Pin. Pada dasarnya, Story Pin yang diganti merek yang saat ini menawarkan rangkaian alat pengeditan lebih luas daripada yang tersedia sebelumnya.

Video adalah elemen kunci dalam Idea Pins. Pasalnya, fitur tersebut menargetkan peningkatan permintaan konsumen akan konten video bentuk pendek yang bersifat kreatif – seperti yang dikirimkan melalui TikTok, Instagram, Reels, Youtube Short dan lainnya. Fitur ini dapat berdurasi hingga 60 detik di iOS, Android dan web untuk setiap halaman dengan total hingga 20 halaman per pin.

Para content creator dapat mengedit videonya dengan menambahkan voiceover mereka atau menggunakan alat transisi “ghost mode” untuk menampilkan video sebelum dan sesudah mereka dengan lebih baik.

Pinterest juga menyertakan sejumlah fitur umum untuk Stories, seperti menambahkan stiker atau menandai kreator lain dengan @username misalnya. Pinterest juga mengatakan akan memulai dengan lebih dari 100 stiker yang menampilkan ilustrasi gambar tangan yang berfokus pada kategori dan perilaku yang diharapkan untuk dilihat.

Baca juga, Pinterest Dilaprokan Bakal Akuisisi VSCO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here