Rancang Era Baru dan Transformasi Sepak Bola secara Digital, LaLiga Gandeng Microsoft

0
104

Rabu (19/5) kemarin, LaLiga mengumumkan perluasan kemitraan di antara kedua pihak yang berfokus pada transformasi digital dalam olahraga secara global. Kedua perusahaan ini juga akan berkolaborasi dalam mengembangkan solusi teknologi untuk industri media dan hiburan melalui layanan teknologi LaLiga yaitu, LaLiga Tech.

Sebagai mitra global dalam Teknologi dan Inovasi LaLiga, Microsoft akan membantu dalam mengembangkan solusi baru dan memanfaatkan solusi yang ada untuk mendorong inovasi di seluruh industri olahraga, termasuk:

Untuk para penggemar olahraga: Azure Event Hubs, Azure  Data Lake, Azure Databricks, dan Azure Machine Learning akan  memberikan penyempurnaan data statistik dalam siaran  pertandingan, pilihan streaming OTT yang dipersonalisasi  seperti pemilihan sudut kamera dalam pertandingan. LaLiga  menawarkan pengalaman baru seperti augmented reality,  virtual reality, dan 3-D replays. 

  • Untuk para pemegang hak siar, penyiar, dan mitra komersial: Azure, Dynamics 365, Power BI, SQL Database, dan Azure  Cosmos DB, Azure Machine Learning akan membuat platform  OTT streaming dapat menampilkan rekomendasi yang  dirancang khusus dan pengalaman konten, games dan layanan yang relevan.  
  • Untuk para manajer lokasi: Power BI dan Azure akan  menyederhanakan operasional stadion melalui inovasi dalam  keamanan dan memanfaatkan 5G untuk pengalaman lebih baik  di dalam stadion.  

Sebagai bagian dari kolaborasi, LaLiga akan menggunkan Microsoft Azure, termasuk AI dan machine learning untuk platform OTT LaLiga SportsTV yang mereka miliki dan Mediacoach (visualisasi dan statistik pertandingan) untuk menyempurnakan pengalaman dan format audiovisual yang interaktif.

“Kami sangat senang untuk memperluas kemitraan kami bersama LaLiga  karena kemitraan ini membuat membuat mereka bisa memperkuat  interaksi dan keterlibatan dengan ratusan juta penggemar mereka, sambil membawa model bisnis baru ke pasar dengan kemampuan yang  diberikan oleh cloud dan AI Microsoft,” kata Jean-Phillippe Curtois, EVP dan Presiden Global Sales, Marketing and Operations Microsoft Corp. 

“Microsoft sangat bangga untuk membantu mempercepat inovasi digital  LaLiga dan memberdayakan peluang bisnis baru yang menarik dalam  industri olahraga dan hiburan melalui portofolio teknologi LaLiga.”  

Kolaborasi ini merupakan kunci pertumbuhan dan perkembangan LaLiga Tech, dimana LaLiga akan mengemas berbagai teknologi yang ada menjadi penawaran komersial untuk industri olahraga, mulai dari statistik dan analitik pertandingan hingga layanan streaming OTT generasi berikutnya.

Sementara itu, ada juga layanan perlindugnan konten paling canggih dan sistem manajemen untuk mengakses lokasi. Hal ini bisa membnatu LaLiga dalam memperluas bisnisnya ke era baru di bidang olahragam serta meningkatkan pengalaman penggemar dengan menciptakan solusi teknologi berbasis data baru yang didukung oleh Microsoft Azure, Power BI, Dynamics 365 serta Microsoft 365 yang menyediakan platform layanan dan solusi teknologi yang disesuaikan dengan pihak ketiga.

Penawaran yang berdasarkan sejarah investasi LaLiga yang begitu  banyak dan berfokus kepada pengalaman teknologi inovatif, bertujuan  untuk meningkatkan pengalaman penggemar, termasuk ekosistem  aplikasi yang kuat di atas layanan Microsoft Azure. Aplikasi LaLiga resmi  telah diunduh lebih dari 113 juta kali secara global. LaLigaSportsTV, yang  menyediakan layanan platform OTT video streaming secara gratis untuk  berbagai olahraga tidak hanya sepak bola, telah diunduh oleh lebih dari  1,5 juta pengguna yang sudah terdaftar.

Solusi ini memanfaatkan data dan AI yang kuat untuk memberikan konten  khusus berdasarkan preferensi penggemar serta games dan video yang  melibatkan baik para penggemar biasa dan fanatik di hari pertandingan ataupun setelahnya. 

Lebih lanjut, LaLiga menggunakan dasbor dari Microsoft Power BI dalam menyediakan visualisasi data untuk penonton TV, fan360, media sosial, interaksi dan kesukaan merek, performa website dan aplikasi dari setiap  negara. Hal ini membantu LaLiga dan klub untuk menciptakan  pengalaman yang lebih interaktif dan terancang.  

Dengan peningkatan kemitraan yang diumumkan tersebut, LaLiga dan  Microsoft akan berfokus terhadap inovasi bersama dan akselerasi Cloud  menggunakan Microsoft Azure serta kemampuan dari AI-nya. Melalui  aset LaLiga Tech, kolaborasi I ini akan terus memberikan LaLiga  pertumbuhan dan peluang bisnis baru dengan memanfaatkan inovasi  terbaik yang muncul di pasar olahraga, perusahaan hiburan, dan  perusahaan komersil lainnya di seluruh dunia. 

Baca juga, Microsoft Teams Luncurkan Video-call Gratis untuk Teman dan Keluarga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here