Fitur Reels dan Musik Resmi Hadir di Indonesia

0
194
Fitur Pesan Hilang

Instagram akhirnya meluncurkan dua fitur yang paling ditunggu oleh pengguannya di Indonesia, yaitu fitur Reels dan Musik. Fitur tersebut diluncurkan hari ini (23/6) dan akan tersedia dalam beberapa hari ke depan.

Reels sendiri merupakan fitur video pendek mirip TikTok. Dalam fitur tersebut, pengguna akan diberikan pengalaman yang lebih seru dalam membuat, membagikan, serta mengedit video berdurasi pendek yang dilengkapi dengan audio dan musik.

Tak hanya itu, Reels juga dilengkapi dengan beberapa rangkaian fitur lainnya. Seperti fitur pengeditan, pengaturan timer, pengaturan kecepatan, efek AR, hitung mundur hingga berkolaborasi dengan pengguna lainnya melalui fitur Remix.

Paradiva juga dapat membut konten Reels menggunakan berbagai potongan klip video. Juga menambahkan audio asli maupun lagu yang tersedia di platform tersebut.

Pieter Lydian, selaku Country Director untuk Facebook di Indonesia menyatakan bahwa dirinya sangat senang dapat merilis Reels di Indonesia. Ia juga menyatakan bahwa Intagram selalu berupaya untuk mendengarkan inspirasi para kreator dan penggunanya.

“Berangkat dari sini, kami banyak mendengar bahwa mereka mengininkan sebuah pengalaman membuat dan menonton video berdurasi pendek yang menghibur. Baik kreator konten yang memiiki minat untuk berbagi, maupun seorang pemilik bisnis yang memilki sebuah cerita untuk dibagikan, Reels membantu mendorong kreativitas pengguna dan membantu mereka menjangkau audiens di skala global,” jelas Pieter.

Tujuan Instagram menghadirkan fitur Reels sendiri adalah agar pengguna dapat menemukan, menonton dan terhubung dengan pengguna lainnya secara global melali sebuah bagian khusus pada kolom Explore.

Fitur ini juga membantu pengguna serta para kreator muda untuk menjangkau audiens mereka. Reels sendiri dapat ditemukan pada laman Explore dan dapat dibagikn melalui berbagi fitur Instagram. Yakni, Feed, Stories, Close Friends, maupun dikirimkan melalui DM.

“Fitur-fitur yang kami luncurkan hai ini merupakan bagian besar dari masa depan konten hiburan di Instagram. Bersama dengan kehadiran fitur Musik di Facebook dan Instagram, kami memberikan banyak cara dan pilihan bagi pengguna Indonesia dalam mengeksripsikan diri, mencari hiburan dan terhubung dengan apa yang mereka sukai,” tambah Pieter.

Berikut adalah fitur yang melengkapi Reels:

  • Remix merupakan fitur yng memudahkan pengguna untuk membuat video Reel versi mereka sendiri dengan menyatukannya dengan konten yang sudah ada. Pengguna dapat membuat kreasi video kolaborasi, membagikan reaksi wajhh, menambahkan perspektif, maupun konten menyengkan lainnya di Rels.
  • Voiceover (Alih Suara) memungkinkan pengguna untuk menambahkan suara mereka ke dalam Reels. Mixed Audio (Padukan Suara) yang memungkinkan pengguna menambahkan suara disertai lagu latar belakang.
  • Tab Reels untuk memberikan panggung yang lebih besar bagi para kreator dalam membagikan video menarik mereka dan memudahkan audiens global untuk menemukan konten mereka.
  • Fitur Share Audio Pages (Bagikan Halaman Audio) agar pengguna dapat membagikan seluruh Reels menggunakan bagian spesifik dari sebuah lagu melalui DM dan Audio Browser untuk menemkan musik tab For You dan Trending.
  • Efek AR yang membantu mempercantik konten Reels pengguna. Pengguna sendiri dapat memilih untuk menggunakan filter menyenangkan dari Instargam atau mencari filter favorit mereka di fitur “Cari Efek”, kemudian menggunakannya untuk membuat konten Reels yang lebih menarik bagi audiens mereka.
  • Tag Branded Content (Konten Bermerek) dalam Reels sehingga kreator daat menginformasikan konten hasil kerja sama dengn sebuah brand secara transparan, serta meluncurkan Shopping di Reels ke negara-negara yang telah memiliki akses terhadap fitur Shopping secara global.

Instagram juga membawa rangkaian layanan keamanannya pada fitur Reels. Mulai dari akun privat dan Close Friends dapat melihatnya. Pengguna juga dapat menggunakan filter komentar dan Restrict untuk emamstikan mereka terlindungi dari komentar kurang pantas.

Pada peluncurannya, Instagram juga meluncurkan fitur Musik di platformnya dan Facebook. Fitur ini menyediakan katalog lagu internasional dan lokal untuk mendukung para pengguna Indonesia dalam mengekspresikan diri secara lebih menyenangkan dan kreatif.

Fitur tersebut juga membantu pengguna untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara baru. Dimana mereka dapat menambahkan musik dan lirik ke Reels atau menambahkan stiker Musik di Stories Instagram maupun Facebook untuk menambahkan lagu soundtrack yang tepat pada setiap momen yang dibagikan.

Revie Sylviana, selaku Direktur Kemitraan Konten Hiburan untuk Facebook di Indoesia menyatakan bahwa para pengguna datang ke dalam dua platform ini untuk mengekspresikan diri dan mencari konten menghibur. Oleh karena itu, Instagram ingin menambahkan musik untuk membagikan momen, terhubung dengan komunitas dan mengekspresikan diri.

Di saat yang bersamaan, kami juga ingin memberikan wadah bagi para musisi di layanan-layanan kami untuk membagikan cerita di balik musik mereka, sehingga membuat apa yang awalnya biasa saja menjadi luar biasa. Para penggemar bisa merasakan koneksi yang lebih dekat dengan musisi favorit mereka, dan musisi kini dapat berinteraksi dengan para penggemar mereka secara lebih menarik. Kami berkomitmen untuk mendukung, menjaga, bahkan meningkatkan koneksi spesial dan otentik ini dalam layanan-layanan kami,” ujar Revie. 

“Di era saat ini, cara pengguna dalam mendengarkan dan membagikan lagu terus berubah. Melalui peluncuran fitur Musik di Instagram dan Facebook, pengguna di Indonesia akan semakin mudah dalam menemukan lagu serta musisi favorit mereka. Kami akan terus berupaya untuk mengembangkan serta mempromosikan budaya musik lokal dan kami sangat senang bekerja sama dengan Facebook sehingga kami dapat memberikan cara baru bagi orang-orang untuk terhubung dengan musisi favorit, membuat daftar lagu favorit, serta memberikan kesempatan kepada musisi dan penulis lagu untuk menjadi lebih dekat dengan fans mereka. Instagram dan Facebook kini telah menjadi sebuah wadah yang penting untuk menggaungkan karya musisi dan penulis lagu lokal, kami berharap fitur Musik ini dapat mempermudah seniman lokal untuk menjangkau lebih banyak fans dalam berbagi hasil karya musik mereka,” tutup Meidi Feraldi – Kepala Lisensi & Hak Cipta WAMI; Johannes ‘Jonky’ Junaedhy – Ketua Umum APMINDO; dan BIMAS – Ketua PAMPI.

Paradiva yang ingin menggunakan kedua fitur ini, Instagram menghimbau kamu untuk menyertakan tagar #TamildiReels. Selamat menggunakan!

Baca juga, Snapchat Hadirkan Lensa Cartoon 3D Style

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here