Telegram Luncurkan 5 Fitur Keamanan Baru, Ini Cara Pakainya!

0
Telegram
Foto: Unsplash/Chrisitan Wiediger

Telegram baru saja meluncurkan 5 fitur keamanan terbaru. Aplikasi yang pertama kali dirilis pada tahun 2013 ini dapat digunakan untuk pengguna iOS, Android dan juga desktop.

Aplikasi Telegram sendiri memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya aplikasi favorit bagi banyak orang. Pasalnya, aplikasi ini sifatnya gratis dan bebas dari iklan dan dapat menampung lebih banyak anggota grup, memilliki fitur Channel dan lainnya.

Oleh karena itu, aplikasi ini memperbarui fitur keamanannya. Simak ya, Paradiva!

Fitur Lock Chat

Fitur pertama yang dihadirkan adalah fitur lock chat. Dimana kamu dapat menggunakan fitur ini untuk menghindari temanmu yang kepo.

Sebagai pengguna Telegram, Paradiva dapat memanfaatkan fitur ini agar isi pesanmu tidak dapat diketahui orang lain. Cara menggunakannya adalah dengan klik tombol Setting > Privacy and Security > Passcode and Touch ID > Pasang Pin atau Touch ID.

Pesanmu akan secara otomatis terkunci setelah aplikasi tidak digunakan selama beberapa menit. Paradiva juga dapat klik pada ikon lock chat pada bagian atas aplikasi Telegram untuk mengaktifkan fitur ini kapan saja.

Fitur Secret Chat

Secret Chat merupakan fitur yang dapat Paradiva gunakan untuk mengirim pesan rahasia dengna siapapun yang diinginkan. Fitur ini bersifat end-to-end encrypted sehingga tidak akan aka pihak ketiga yang dapat melihat pesanmu.

Untuk menggunakannya, Paradiva cukup klik kontak orang yang ingin kamu kirim pesan. Klik namanya, lalu klik Start Chat pada ikon More. Silahkan dicoba ya, Paradiva!

Fitur Two-Step Verification

Telegram tak hanya menjadi satu-satunya aplikasi yang memiliki fitur Two-Stop Verification. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan password setiap kali log-in ke akun pribadinya melalui perangkat lama.

Password ini diibutuhkan sebagai pelengkap dari OTP (one-time password) yang muncul saat pengguna memasang akun Telegrm pada perangkat terbaru. Fitur ini juga sangt berguna untuk melindungi akun pengguna aplikasi dari para pencuri identitas yang mengetahuii password dan berusaha untuk meretas akun Telegram mereka.

Fitur Server Proxy

Telegram juga dilengkapi dengan fitur Server Proxy. Yakni, memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan IP address dengan cara mengkoneksikan akunnya ke sebuah server proxy khusus.

Pada dasarnya, cara kerja fitur ini sama seperti VPN connection yang tidak lazim digunakan oleh banyak orang untuk melindungi identitas mereka di internet. Untuk mengaktifkan fitur ini, Paradiva bisa menuju  Settings – Data and Storage – Proxy Settings. 

Fitur Menghapus Pesan yang Telah Terikirim

Seringkali kita terlalu asyik chatting hingga keliru ketika mengirim pesan.  Seharusnya kirim ke pacar, tapi malah salah sasaran. Kalau hal ini terjadi kepadamu,  kamu nggak perlu khawatir karena di aplikasi Telegram kamu bisa menghapus pesan  yang sudah terkirim.

Lebih kerennya lagi, berbeda dengan aplikasi pesan instan lainnya,  kamu bisa menghapus pesan yang sudah terkirim kapan pun dan tanpa ada batas waktu.  Jadi, kalau kamu ingin menghapus pesan yang sudah terkirim sebulan lalu, kamu masih bisa melakukannya.

Baca juga, Tips Main Role Play K-Pop di Telegram


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini