WhatsApp Luncurkan Fitur View Once

0
150

WhatsApp baru saja meluncurkan fitur View Once pada hari Selasa (7/8) kemarin. Fitur tersebut dapat digunakan oleh pengguna iOS maupun Android.

Dengan adanya fitur View Once ini, foto maupun video yang Paradiva kirim ke sebuah chat akan otomatis menghilang setelah dibuka oleh teman chatmu. Menurut WhatsApp, fitur ini tentunya memberi pengguna lebih banyak kontrol atas privasi mereka.

Seperti pesan personal, fitur View Once ini telah dilindungi oleh enkripsi end-to-end. Foto dan video yang dikirim menggunakan fitur ini akan memiliki ikon “one-time” yang menandakan bahwa hanya dapat dilihat satu kali sebelum menghilang.

Selanjutnya, foto dan video tersebut tidak akan tersimpan pada gallery pengguna. Tak hanya itu, pengguna lain juga tidak dapat meneruskan, menyimpan, membintangi, maupun membagikan gambar atau video yang dikirim dan diterima menggunakan fitur tersebut.

Dilansir dari Cnet, WhatsApp menyatakan bahwa media yang telah terenkripsi dapat disimpan dalam server WhatsApp beberpa minggu setelah dikirim. Jika penerima melaporkan media View Once, maka konten tersebut akan diberikan kepada perusahaan.

Paradiva akan dapat melihat apakah penerima membua foto atau video yang hanya jika tanda terima telah aktif. Jika meida tidak dibuka dalam 14 hari maka akan kadaluwarsa. Paradiva yang mengirim foto atau video menggunakan View Once harus memilih opsi tersebut setiap kamu ingin menggunakannya.

Meskipun fitur ini dapat memberikan rasa privasi yang lebih besar untuk konten yang lebih sensitif, WhatsApp juga mencatat bahwa kamu harus mengirim foto atau video View Once hanya kepada orang yang kamu percayai.

Alasannya karena mungkin saja seseorang mengambil screenshot atau merekamnya menggunakan screen record. Pasalnya, kamu tidak akan mendapat pemberitahuan jika mereka melakukannya. Mereka juga dapat mengambil foto atau video menggunakan perangkat lain.

Fitur yang dihadirkan oleh WhatsApp ini memungkinkan pengguna untuk mengirim foto dan video yang menghilang. Selain memungkinkan mereka berbagi konten selama 24 jam. Instagram sendiri merupakan perusahaan milik Facebook lainnya yang meluncurkan fitur serupa beberapa tahun lalu.

View Once sendiri diluncurkan ke semua pengguna mulai minggu ini. Pastikan kamu telah melakukan upgrade pada aplikasimu ya, Paradiva!

Baca juga, WhatsApp Luncurkan Fitur Sembunyikan Chat Tanpa Blokir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here