Facebook Messenger Tambah Enkripsi End-to-end untuk voice dan video call

0
138

Facebook Messenger baru saja dikabarkan menambah enkripsi end-to-end untuk voice dan video call. Kabar ini disampaikan langsung oleh perusahaan dalam sebuah posting blog mereka bahwa telah meluncurkan perubahan hari ini bersama dengan kontrol baru untuk pesan yang hilang.

Dilansir dari The Verge, Beberapa pengguna juga dapat melihat fitur pengujian baru yang terkait dengan enkripsi. Facebook Messenger sendiri mendapat enkripsi end-to-end untuk pesan teks pada tahun 2016, saat Facebook menambah opsi “secret conversation” pada aplikasinya.

Saat ini, mode tersebut juga mendukung fitur panggilan. Facebook menyatakan bahwa mereka akan menambah fitur tersebut seiring dengan meningkatnya minat panggilan pada voice dan video call. Tentunya, dengan mengatakan Messenger saat ini telah melakukan lebih dari 150 panggilan video sehari.

WhatsApp yang juga menjadi aplikasi messenger Facebook, telah menawarkan fitur panggilan yang dilengkapi dengan enkripsi end-to-end atau E2EE. Dimana dapat mencegah siapapun kecuali pengirim dan penerima melihat data terenkripsi.

Begitu juga beberapa aplikasi panggilan video lainnya, seperti Zoom, Signal dan FaceTime Apple. Facebook sendiri mencirikan E2EE sebagai “standar industri” di seluruh layanan pesan. Desas-desus sebelumnya telah menyarankan bahwa Facebook mungkin meluncurkan sistem ini yang terpadu pada WhatsApp, Messenger dan Instagram. Namun, sejauh ini hal tersebut belum terjadi.

Pecakapan teks jug amendapatkan pembaruan. Dimana jika kamu menyetel fitur pesan agar menghilang, kamu akan melihat lebih banyak opsi untuk memilih tanggal kadaluwarsa dari antara lima detik dan 24 jam.

Sementara, semua orang dapat melihat pembaruan tersebut di atas, Facebook menjalankan uji beta terbatas untuk fitur lainnya. Beberapa pengguna akan melihat opsi untuk obrolan grup terenkripsi end-to-end dan panggilan antara “teman dan keluarga yang sudah memiliki utas obrolan atau sudah terhubung.”

Orang lain akan mendapat dukungan untuk kontrol non-E2EE Facebook yang ada tentang siapa yang dapat menghubungi mereka di Messenger. Akhirnya, jika kamu menggunakan Instagram dengan “limited test” kamu dapat menawarkan E2EE keikutsertaan untuk direct message juga.

Baca juga, Facebook Perbarui Alat Transfer Data ke Google Calendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here