WhatsApp Hadirkan Kemampuan Transfer Chat History Dari Perangkat Android ke iOS

0
190

Akhirnya, WhatsApp menghadirkan kemampuan transfer chat history dari perangkat Android ke iOS. Hal ini merupakan salah satu masalah terbesar yang terjadi dalam platform tersebut. Terlebih jika kita memutuskan untuk mengganti smartphone dari Android ke iOS.

Pada acara Samsung Galaxy Unpacked kemarin, WhatsApp telah mengenalkan fitur transfer pesan history antara perangkat Android dan iOS. Fitur ini tentunya akan menjangkau ponsel Android, dimulai dengan ponsel Samsung yang sudah menjalankan sistem operasi Android 10 atau lebih baru.

Namun, fitur ini pada akhirnya akan tersedia dalam kedua sistem operasi. Kemampuan transfer yang dimaksud termasuk foto, voices memo dan akan mencapi pengguna dalam beberapa minggu mendatang.

Menurut WhatsApp, implementasinya cukup sulit. Pasalnya, pesan yang telah memiliki enkripsi end-to-end dan disimpan dalam perangkat, lalu ditransfer ke perangkat lain membutuhkan pekerjaan tambahan dari WhatsApp, pengembang OS dan pembuat telepon. Butuh upaya kolaboratif keseluruhan untuk memungkkinkan transfer ini.

Tidak mengherankan bahwa WhatsApp akan mengumumkan berita tersebut dalam acara Samsung Unpacked. Samsung sendiri berharap bahwa fitur ini akan mengikat pengugna iPhone yang ragu-ragu untuk kehilangan history chat mereka di WhatsApp saat beralih ke ponsel Galaxy. Maupun sebaliknya.

Jadi, Paradiva tak perlu lagi kehilangan utas percakapan penting saat berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain.

Beberapa waktu lalu, WhatsApp baru saja meluncurkan fitur View Once. Fitur tersebut dapat digunakan oleh pengguna iOS maupun Android.

Dengan adanya fitur View Once ini, foto maupun video yang Paradiva kirim ke sebuah chat akan otomatis menghilang setelah dibuka oleh teman chatmu. Menurut WhatsApp, fitur ini tentunya memberi pengguna lebih banyak kontrol atas privasi mereka.

Seperti pesan personal, fitur View Once ini telah dilindungi oleh enkripsi end-to-end. Foto dan video yang dikirim menggunakan fitur ini akan memiliki ikon “one-time” yang menandakan bahwa hanya dapat dilihat satu kali sebelum menghilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here