Youtube Raih 50 Juta Pelanggan Premium dan Music

0
95
Pelanggan Youtube
Foto: Unsplash/Szabo Viktor

Laporan terbaru Google menyatakan bahwa pelanggan Youtube Premium dan Youtube Music mencapai 50 juta. Jumlah ini dinyatakan telah mengalami peningkatan dari 30 juta pelanggan yang dilaporkan pada Desember 2020.

Dilansir dari The Verge, jumlah tersebut nampaknya menandai adanya tren di antara pengguna yang beralih dari Youtube dan Youtube Music versi gratis ke versi berbayar. Bahkan, di saat banyaknya platform lain yang bersaing.

Google sendiri tidak merinci seputar angka 50 juta tersebut. Jadi, tidak benar-benar diketahui berapa banyak pengguna yang berlangganan Youtube Music atau Premium dan berapa bnayak yang menggunakan uji coba layanan gratis selama satu bulan.

Namun, dalam postingan blognya, Youtube lebih banyak membahas seputar musik dan memuji Youtube sebagai layanan berlangganan musik yang tumbuh paling cepat. Variety juga sempat membandingkan angka yang dicapai Youtube dengan layanan streaming lainnya.

Perbandingan tersebut melaporkan bahwa Spotify memiliki sektiar 165 juta pelanggan. Financial Times mengutip perkiraan Apple Music memiliki 78 juta.

Sementara, untuk berlangganan Youtube Music Premium pelanggan dikenakan biaya sekitar $9,99 per bulan atau sekitar Rp. 143.000. Dimana memungkinkan pengguna untuk mendengarkan dan mengunduh musik bebas iklan.

Sementara itu, Youtube Premium sendiri dikenakan biaya sekitar $11.99 per bulan atau sekitar Rp. 171.000 dan memberi pelanggan akses ke semua manfaat Youtube Music dengan kemampuan untuk mengunduh dan menonton video reguler bebas iklan.

Pelanggan premium pun dapat memutar video di latar belakang saat mereka menggunakan aplikasi lain atau ponsel mereka terkunci. Google sendiri belum merinci apa yang menyebabkan peningkatan 20 juta pelanggan.

Akan tetapi, mungkin perlu diingat bahwa penghitungan tahun lalu dilaporkan tepat saat Google memastikan layanan Play Musicnya. Sulit untuk mengetahui berapa banyak orang yang berlangganan, akan tetapi Google Play dan Youtube Music dilaporkan memiliki 15 juta pelanggan yang digabungkan pada tahun 2019.

Baca juga, Telegram Raih 1 Miliar Unduhan 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here