WhatsApp Rencanakan Perubahan Fitur Last Seen

0
95
Enkripsi end-to-end WhatsApp
Foto: Unsplash/Dimitri Karastelev

WhatsApp rencanakan perubahan pada fitur Last Seen miliknya. Platform tersebut juga akan membawa perubahan privasi pada fitur tersebut.

Dilansir dari BGR, rencana perubahan fitur Last Seen ini nampaknya berkaitan dengan skandal privasi yang sempat menimpa WhatsApp di awal tahun ini. Pasalnya, perushaan tersebut teurs meningkatkan kebijakan privasinya.

Skandal privasi yang menimpa platform tersebut terjadi karena Facebook berusaha memaksa pengguna untuk menyetujui persyaratan layanan baru. Perusahaan tersebut ingin pengguna WhatsApp setuju untuk berbagi data e-commerce terlepas dari apakah mereka menggunakan aplikasi untuk berbicara dengan bisnis atau tidak.

Pada akhirnya, Facebook pun berubah pikiran untuk memungkinkan pengguna menggunakan WhatsApp tanpa menyetujui pembaruan kebijakan privasi. Selama waktu tersebut, Facebook juga bersikeras dalam pesannya bahwa fitur privasi inti WhatsApp tidak akan hilang.

Aplikasi perpesanan tersebut tetap terenkripsi end-to-end dan enkripsi yang kuat berlaku unutk obrolan dan panggilan. Oleh karena itu, perushaaan tersebut merencanakan peningkatan privasi tambahan untuk pengguna. Termasuk fungsionalitas fitru Last Seen yang diperbarui.

Cara Kerja Fitur Last Seen WhatsApp

Seperti namanya, fitur Last Seen akan memungkinkan pengguna untuk melihat terakhir kali seseorang membuka aplikasi. Fitur ini tersedia dari aplikasi obrolan lain, bukan hanya WhatsApp.

Namun, fitur ini juga sering pula kita anggap remeh. Fitur Last Seen ini juga bisa sangat berguna. Fitur ini dapat memberi tahu pengguna jika orang yang dicintai telah membuka WhatsApp sejak kamu mengirim pesan terakhir.

Kamu dapat menggunakan fitur ini untuk melihat apakah seseorang masih terjaga atau tertidur saat menelepon/mengirim pesan pagi-pagi sekali atau larut malam.

Metadata Last Seen di WhatsApp juga dapat disalahgunakan. Penguntit mungkin dapat menggunakannya untuk melacak aktivitas WhatsApp korban merkea. Kemudian, dapat menyebabkan perselisihan yang tak diinginkan.

WhatsApp saat ini menawarkan tiga opsi untuk mengelola status Last Seen pengguna. Kamu dapat memilih antara “Every One”, “Only My Contact” atau “Nobody”.

Opsi terakhir memastikan bahwa tidak akan ada yang tahu kapan kamu menggunakan WhatsApp. Akan tetapi, jika kamu tetap menyalakan fitur ini, kamu tidak akan dapat melihat informasi Last Seen orang lain.

Perubahan Privasi Fitur Last Seen WhatsApp

Seorang leaker terkenal WABetaInfo menemukan bahwa Facebook berencana untuk memperkenalkan opsi terbaru terkait fitur Last Seen. Opsi keempat tersebut dinamakan “My Contacts Except”.

Jika opsi tersebut diluncurkan oleh platform ke perangkat iPhone dan Android, kamu akan memiliki kontrol yang lebih terperinci atas data Last Seen. Kamu dapat mengecualikan orang yang kmau pilih untuk melihat informasi last seen kamu dengan opsi keempat tersebut.

Baru-baru ini, WhatsApp akhirnya menambahkan kemampuan bagi pengguna iOS untuk memindahkan chat mereka ke ponsel Samsung. Setelah Samsung mengumumkannya dalam acara Unpacked bulan Agustus lalu.

Sebelum kemampuan ini diluncurkan, pengguna WhatsApp tidak dapat memindahkan riwayat chat mereka karena ruang penyimpanan yang berbeda. Pengguna iOS menyimpan chat mereka di iCloud, sementara pengguna Android di Google Drive. Jadi, hal tersebut tidak bisa saling berhubungan.

Baca juga, Pengguna WhatsApp iOS Bisa Pindahkan Chat Ke Ponsel Samsung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here