5 Aplikasi Video Pendek Ini Lagi Ngehits di Indonesia

0
Foto: Unsplash/VDan Smedley

5 aplikasi video pendek ini lagi ngehits di Indonesia. Aplikasi tersebut adalah TikTok, SnackVideo, Likee, Instagram Rels dan Youtube Shorts.

Peringkat 5 aplikasi video pendek ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh We Are Social dan Hootsuite di tahun 2021. Penelitian tersebut menyatakan bahwa terdapat lebih dari 10 juta pengguna aktif media sosial di Indonesia.

Sementara itu, platform-platform yang sedang berkembang adalah aplikasi aplikasi video berdurasi pendek. Dimana aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk berbagi serta menikmati berbagai konten hiburan maupun edukasi.

Menurut data dari We Are The Social dan Hootsuite, sebanyak 98.6% pengguna internet di Indoensia merupakan penikmat berbagai konten video online. Oleh karena itu, tak heran jika platform video pendek semakin ngehits di Indonesia.

Berdasarkan hasil riset We Are The Social dan Hootsuite, ada 5 aplikasi platform video pendek yang paling populer di Indonesia. Simak ulasannya, ya!

TikTok

TikTok merupakan aplikasi video pendek milik Bytedance. Aplikasi ini masih menjadi pembicaraan masyarakat seluruh dunia dengan total 732 pengguna aktif di dunia.

Di Indonesia sendiri, aplikasi ini memiliki 10 juta pengguna aktif. TikTok memungkinkan para pengguna untuk membuat berbagai konten video pendek instan dengan menggunakan berbagai fitur di dalamnya seperti editing, efek, filter, teks, musik, emoji sticker, dan masih banyak lagi.

Tak hanya dikenal dengan konten dan fiturnya, pengguna TikTok pun berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan berupa poin yang dapat ditukar dalam bentuk uang dengan cara mengundang pengguna baru untuk mengunduh aplikasi TikTok, menonton video secara aktif, mengunggah video, atau menjadi konten kreator.

Lewat pendekatan ini, TikTok telah mencetak para konten kreator baru dengan beragam jenis konten video pendek viral yang dapat menjangkau pengguna global maupun di Indonesia.

SnackVideo

Tak hanya TikTok, aplikasi SnackVideo baru-baru ini menarik perhatian pengguna internet di Indonesia. Aplikasi ini milik Kuaishou Technology.

Melalui SnackVideo, pengguna dapat mengunggah video dengan durasi 15 sampai 60 detik, mengedit video dengan menambahkan musik, audio dubbing, filter, efek duet dengan pengguna lain dan sebagainya.

Sementara itu, SnackVideo juga memiliki fitur live streaming. Dimana pengguna dapat berinteraksi lewat video yang disiarkan langsung kepada para pengikutnya.

Menariknya, platform ini menghadirkan sistem reward. Guna memberi hadiah bagi pengguna. Caranya, para pengguna harus mengundang pengguna baru untuk mengunduh aplikasi mereka.

Sistem reward juga berlaku bagi para konten kreator yang secara aktif mengugngah video. Berbagai konten video pendek dapat kamu temukan di SnackVideo seperti komedi drama pendek, tutorial makeup, inspirasi masak, hingga berbagai video tarian menarik.

Likee

Aplikasi Likee pertama kali diluncurkan tahun 2017 dengan nama LIKE. Namun, aplikasi ini akhirnya mengubah nama menjadi Likee pada Juni 2019.

Likee adalah aplikasi pembuat video pendek di bawah naungan BIGO Technology Pte.Ltd. Dimana aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menunjukkan, mengasah kreativitas, serta berkomunikasi dengan idolanya melalui live streaming.

Tak hanya di Indonesia, Likee juga hadir di beberapa negara lainnya. Seperti Rusia, Cina, Amerika Serikat dan 200 negara lainnya.

Sama seperti aplikasi video pendek lainnya, Likee menyediakan fitur pengeditan dan pembuatan video dengan lebih dari 2.000 efek atau filter. Fitur terfavoritnya adalah FaceMagic dan Moments.

FaceMagic adalah fitur efek kamera yang dapat menukar wajah pengguna menyerupai wajah artis terkenal. Sedangkan fitur Moments, memungkkinkan pengguna untuk merekam dan membagikan kegiatan mereka sehari-hari dalam bentuk tulisan atau foto. Mirip snapgram.

Instagram Reels

Tidak mau kalah, Instagram yang merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia juga turut menghadirkan fitur video pendek dengan nama Reels sebagai salah satu inovasi terbarunya. 

Fitur Reels memungkinkan para pengguna untuk mengunggah dan merekam berbagai konten video pendek dengan durasi mulai dari 15 sampai 60 detik. Pada dasarnya, fitur Reels memiliki kesamaan dengan platform SnackVideo dan TikTok. Fitur yang ditawarkan dapat merekam, melakukan penyuntingan, menambahkan musik, filter, serta efek kamera pada video. 

YouTube Shorts

Sebagai platform yang sudah lebih dahulu fokus pada konten video, YouTube tentu tidak ingin tertinggal dengan tren video pendek.

Sama hal nya dengan platform video pendek lainnya, YouTube Shorts juga memungkinkan pengguna untuk dapat mengunggah video pendek yang berdurasi 15-60 detik lengkap dengan fitur pendukung seperti musik, audio, filter, dan tulisan.

YouTube Shorts juga dilengkapi dengan ciri khas dari YouTube yaitu tombol langganan, suka, tidak suka, komentar, dan berbagi. Bagi pengguna yang telah menjadi kreator di YouTube, fitur Shorts ini dapat memberikan manfaat tambahan untuk memperluas jangkauan audiens, mendapatkan jumlah pelanggan baru, serta membantu kenaikan pada algoritma akun YouTube miliknya.

Kalau favoritmu yan mana nih, Paradiva?

Baca juga, Kenalan Sama SnackVideo, Aplikasi Video Pendek Mirip TikTok


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan