ByteDance Tambahkan Batas Waktu Penggunaan Aplikasi untuk Anak

0
Batas Waktu Aplikasi
Foto: Unsplash/Kelly Sikkema

ByteDance tambahkan batas waktu pada aplikasi untuk anak-anak di China. Khususnya untuk anak-anak di bawah 14 tahun.

Batas waktu penggunaan aplikasi ini untuk anak-anak di bawah 14 tahun ini akan diterapkan oleh ByteDance dalam TikTok versi China. Aplikasi tersebut bernama Douyin.

Menurut sebuah postingan blog ByteDance pada Sabtu (17/9) lalu, mereka akan membatasi waktu pemakaian aplikasi menjadi 40 menit sehari. Pembatasan ini berlaku bagi pengguna di China yang berusia di bawah 14 tahun.

Mode remaja dalam aplikasi ini membuatnya tetap sejalan dengan pembatasn baru pemerintah China terkait akses ke video game untuk anak-anak yang lebih kecil. Remaja di bawah usia 14 tahun akan mendapat akses Douyin antara pukul 6 dan 10 malam.

Akan tetapi, tidak akan dapat menggunakan aplikasi di luar jendela tersebut, menurut perusahaan. Aturan akan berlaku untuk “pengguna yang diautentikasi dengan nama asli” di bawah 14 tahun.

Perusahaan mendorong orang tua untuk membantu anak-anak mereka menyelesaikan proses otentikasi nama asli atau mengaktifkan mode remaja saat diminta oleh aplikasi.

Pemerintah China sendiri telah berfokus untuk mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan oleh remaja China utnuk online yang dianggap berbahaya. Bulan lalu, Administrasi Pers dan Publikasi Nasional meluncurkan aturan baru yang membatasi warga negara China di bawah 18 tahun untuk bermain game.

Aturan tersebut mengatur penggunanya untuk online hanya pada Jum’at, akhir pekan dan hari libur antara 20.00 dan 21.00. Pihak berwenang telah mengarahkan perusahaan dan platform game seperti Douyin untuk menggunakan indentifikasi nama asli untuk semua penggunanya. Proses tersebut mengharuskan pengguna untuk memberikan nomor telepon dan indetifikasi lainnya untuk mengakses game online.

ByteDance mengatakan konten yang tersedia untuk pengguna dalam mode remaja sekarang akan mencakup materi pendidikan seperti “eksperimen sains populer yang menarik, pameran di museum dan galeri, pemandangan indah seluruh negeri, pengetahuan sejarah dan sebagainya.”

Baca juga, Peraturan Baru China Batasi Waktu Anak Bermain Game


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan