Youtube Uji Coba Fitur Download Video untuk Browser Desktop

0
147
Fitur Download Video
Foto: Unsplash/Sara Kurfess

Baru-baru ini, Youtube dikabarkan melakukan uji coba fitur download video untuk browser desktop. Uji coba ini akan berlangsung hingga 19 Oktober mendatang.

Dilansir dari The Verge, fitur download video ini dapat dilihat pada halaman fitur eksperimental Youtube. Dimana fitur tersebut mencantumkan pengujian yang tersedia untuk pelanggan Premium.

Jika kamu merupakan salah satu orang yang terpilih untuk mencoba fitur tersebut, Paradiva dalam memilih ikut serta dan menggunakan browser yang didukung (“versi terbaru Chrome, Edge atau Opera,” menurut Google). Saat kamu menonton video, kamu dapat melihat opsi untuk mengunduh video di bawah pemain.

Saat kamu mengkliknya, Youtube akan mengunduh video yang kemudian dapat kamu tonton dari bagian Downloads yang dapat diakses dari menu garis tiga di sisi layar. Namun, video yang kamu unduh tersebut namapknya tak dapat ditonton di luar browser. Jadi, fitur ini lebih memungkinkan pengguna untuk menonton video Youtube secara offline.

Berhati-hatilah bahwa fitur ini mungkin sedikit bermasalah. Menurut artikel The Verge yang telah mencoba fitur download ini, ia video yang ia pilih tak terunduh. Kemajuan proses mengunduhnya akan tergantung pada nol persen. Akan tetapi, ketika ia mencoba lagi beberapa menit setelahnya, fitur tersebut berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.

Awal bulan lalu, Youtube sendiri dilaporkan telah meraih 50 Juta pelanggan Premium dan Music. Laporan terbaru Google menyatakan bahwa pelanggan Youtube Premium dan Youtube Music mencapai 50 juta. Jumlah ini dinyatakan telah mengalami peningkatan dari 30 juta pelanggan yang dilaporkan pada Desember 2020.

Jumlah tersebut nampaknya menandai adanya tren di antara pengguna yang beralih dari Youtube dan Youtube Music versi gratis ke versi berbayar. Bahkan, di saat banyaknya platform lain yang bersaing.

Google sendiri tidak merinci seputar angka 50 juta tersebut. Jadi, tidak benar-benar diketahui berapa banyak pengguna yang berlangganan Youtube Music atau Premium dan berapa banyak yang menggunakan uji coba layanan gratis selama satu bulan.

Baca juga, Youtube Raih 50 Juta Pelanggan Premium dan Music

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here