Facebook Alami Gangguan, Telegram Tambah 70 Juta Pengguna Baru

0
124
Fitur Telegram
Foto: Unsplash/Chrisitan Wiediger

Facebook alami gangguan, Telegram tambah 70 juta pengguna baru. Dengan jumlah tersebut, Telegram berhasil mencetak rekor baru pada hari Senin (4/10) kemarin.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Pavel Durov, selaku CEO Telegram. Dilansir dari The Verge,70 juta pengguna baru tersebut meningkat lebih dari 10 persen dibandingkan dengan 500 juta pengguna aktif bulanan Telegram pada Januari 2021 kemarin.

Terakhir kali, Telegram dilaporkan mendapatkan lonjakan serupa dalam pendaftaran baru. Secara kebetulan, peningkatan pengguna terakhir ini terbantu oleh masalah yang terjadi pada Facebook.

Setelah sebelumnya, Telegram juga mengalami lonjakan pengguna baru saat WhatsApp terlibat masalah kebijakan privasi. Dimana menyebabkan kekhawatiran pengguna terkait berbagi data pengguna pribadi dengan perusahaan induk Facebook.

Kali ini lonjakan Telegram disebabkan oleh aplikasi ekosistem Faacebook gangguan hingga enam jam pada Senin malam lalu. Gangguan tersebut menyebabkan pengguna tidak dapat mengirim pesan.

Hal tersebut disebabkan karena adanya perubahan “konfigurasi yang salah” pada platformnya. Sehingga menyebabkan aplikasi ekosistem milik platform tersebut lainnya juga mengalami gangguan yang sama. Aplikasi tersebut adalah Instagram dan WhatsApp.

Baca juga, Sempat Down Selama 6 Jam, Facebook Berikan Penjelasan

Meskipun Durov mengklaim bahwa Telegram “terus bekerja dengan sempurna” dalam menghadapi “pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya”. Dirinya mengakui bahwa beberapa pengguna di Amerika mungkin mengalami kecepatan yang lebih lambat dari benua ini bergegas untuk menggunakan Telegram.

“Untuk pengguna baru, saya ingin mengatakan – sleamat datang di Telegram, platformt perpesanan independen terbesar,” tulis Durov. “Kami tidak akan mengecewakan Anda ketika orang lain melakukannya.”

Sementara itu, jumlah pengguna Telegram sendiri telah mendekati 2 miliar pengguna. Hampir mendekati jumlah yang diperoleh oleh WhatsApp.

Beberapa waktu lalu, Telegram juga melaporkan bahwa aplikasi mereka telah meraih 1 miliar unduhan. Menurut Sensor Tower, Telegram telah berhasil mecapai tonggak sejarah setelah diluncurkan kembali pada tahun 2013.

Awal mula pengguna aplikasi Telegram mulai melonjak pada awal tahun. Dimana saat itu WhatsApp memperkenalkan kebijakan privasi baru yang bermasalah. Akibatnya, banyak pengguna mulai mencari platform messenger alternatif yang menawarkan lebih banyak privasi.

Dilansir dari Uber Gizmo, perusahaan sebelumnya telah melaporkan bahwa pada puncak kontroversi tersebut banyak pengguna baru. Mereka melihat 25 juta pengguna mendaftar dalam waktu 72 jam.

Baca juga, Rekor Baru Aplikasi Telegram, Berhasil Raih 1 Miliar Unduhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here