Apple Hapus Aplikasi Quran Majeed untuk Pengguna di Cina

0
185
Quran Majeed
Foto: Abna 24

Apple hapus aplikasi Quran Majeed untuk Pengguna di Cina. Hilangnya aplikasi tersebut ditemukan oleh Apple Censorship.

Menurut BBC, penghapusan aplikasi Quran Majeed dari Apple App Store ini merupakan permintaan dari pihak otoritas Cina. Padahal aplikasi tersebut telah digunakan oleh satu juta orang di Cina dan jutaan lainnya di tempat lain.

Hilangnya aplikasi Quran Majeed pertama kali ditemukan oleh Apple Cencorship. Dimana mereka memantau kapan aplikasi ini dihapus dari App Store di seluruh dunia.

Pembuat aplikasi Quran Majeed, PDMS pun memberi pernyataan kepada BBC. Mereka berkata bahwa “menurut Apple, aplikasi Quran Majeed kami telah dihapus dari App Store Cina karena berisi konten yang memerlukan dokumentasi tambahan dari otoritas Cina.”

Menurut BBC, aplikasi tersebut dihapus karena menampung teks-teks keagamaan yang ilegal. PDMS sendiri menambahkan bahwa mereka sedang mencoba untuk berhubungan dengan Administrasi Cyberspace dan otoritas Cina terkait untuk menyelesaikan masalah ini.

Meski Partai Komunis Cina secara resmi mengakui Islam sebagai agama, perlakuannya yang dilaporkan terhadap etnis minoritas Musli Uighur di Xianjiang telah dirutuk oleh AS, Inggris dan negara lainnya.

BBC sendiri melaporkan bahwa Apple mengirim outlet Kebijakan Hak Asasi Manusia sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang penghapusan aplikasi tersebut. Sementara itu, Apple sendiri tak bisa dihubungi untuk memberi komentar.

Kebijakan tersebut menyatakan bahwa Apple “diwajibkan untuk mematuhi undang-undang setempat dan terkadang ada masalah rumit yang mungkin tidak kami setujui dengan pemerintah.”

Baca juga, McPlant Menu Percobaan McDonald’s, Sediakan Burger Tanpa Daging

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here