Pelajari Asteroid Trojan, NASA Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa Lucy

0
164
NASA Lucy
Foto: Unsplash/NASA

Pelajari asteroid Trojan, NASA luncurkan pesawat ruang angkasa Lucy. Pesawat tersebut lepas landas dari Cape Canaveral pada hari Sabtu (16/10) pagi lalu untuk misi 12 tahun.

Wahana antariksa Lucy NASA diluncurkan dengan sukses dari Cape Canaveral di Florida Sabtu pagi. Ini merupakan awal dari misi 12 tahun mereka untuk mempelajari asteroid di dekat Jupitar, yaitu Trojan.

Dilansir dari The Verge, pesawat ruang angkasa nirawak ini lepas landas pukul 5:34 ET dengan roket United Lauch Alliance Atlas V. Lalu, Lucy mengirim sinyal pertamanya ke Bumi dari antenanya sendiri ke Jaringan Luar Angkasa NASA pada pukul 06:40 ET.

Asteroid Trojan sendiri mengorbit Matahari di sepanjang jalur yang sama dengan Jupiter. Para ilmuwan mempercayai mungkin hal tersebut memiliki petunjuk terkait terbentuknya tata surya kita ini.

Misi ini menjadi misi pesawat ruang angkasa tunggal pertama NASA untuk menjelajahi begitu banyak asteroid yang berbeda, jelas NASA.

Lucy sendiri dinamai untuk kerangka fosil manusia yang ditemukan di Ethiopia pada tahun 1974. Fosil tersebut memberi wawasan penting tentang evolusi manusia.

Fosil tersebut mendapatkan nama Lucy dari salah satu lagu The Beatles. Yakni, “Lucy in the Sky With Diamonds” yang diputar pada lokasi dimana ekskavator menemukannya. NASA mengatakan bahwa Lucy, pesawat ruang angkasa milik mereka akan memberikan wawasan tentang evolusi kita layaknya rekan fosilnya tersebut. Hanya saja dalam skala planet.

Lucy berada di lintasan rumit yang akan mencakup tiga perjalanan kembali ke Bumi untuk bantuan gravitasi. Pertama, Lucy akan mengorbit Matahari dan kemudian kembali ke Bumi tahun depan untuk mendapatkan bantuan graviasi.

Dimana akan mempercepat dan mengarahkan lintasan pesawat di luar orbit Mars, ketika Lucy akan kembali ke Bumi lagi untuk bantuan gravitasi lain pada tahun 2024. Ini akan membantu mendorong pesawat menuju asteroid Donaldjohanson pada tahun 2025; setelah Lucy akan menuju asteroid Trojan, tiba pada tahun 2027.

Kemudaian, setelah empat fly-by yang ditargetkan, Lucy akan kembali ke Bumi untuk bantuan gravitasi ke tiga pada tahun 2031 yang akan mendorongnya menuju Trojan untuk pertemuan lain pada tahun 2033.

“Kami mulai mengerjakan konsep misi Lucy awal tahun 2014, jadi peluncuran ini sudah lama dilakukan,” kata Hal Levision, peneliti utama Lucy di Southwest Research Institute (SwRI) dalam sebuah pernyataan.

“Masih perlu beberapa tahun sebelum kita sampai ke asteroid Trojan pertama, akan tetapi benda-benda ini layak untuk ditunggu dan semua upaya karena nilai ilmiahnya yang sangat besar. Mereka seperti berlian di langit,” tutupnya.

Baca juga, McPlant Menu Percobaan McDonald’s, Sediakan Burger Tanpa Daging

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here