Halodoc Ungkap Layanan Telehealth Jangkau Lebih Banyak Masyarakat

0
Halodoc
Foto: Halodoc

Halodoc menggelar disuksi yang membahas seputar masa depan ekosistem kesehatan masa depan bersama Kementerian Kesehatan RI dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Diskusi tersebut diselenggarakan secara virtual hari ini (22/10).

Diskusi tersebut diselenggarakan sekaligus untuk merayakan Hari Dokter Nasional yang jatuh pada 24 Oktober 2021 mendatang. Dalam diskusi tersebut, Halodoc juga turut mendukung Kementerian Kesehatan RI untuk mengungkap fakta terkait transformasi digital dalam bidang kesehatan di Indonesia.

Halodoc
Foto: Halodoc

Seperti yang kita ketahui, peran dokter sangat mendasar bagi kesejahteraan bangsa. Indonesia sendiri memiliki 4.27 dokter untuk setiap 10.000 populasi pada tahun 2018.

Angka tersebut bisa dibilang cukup tertinggal dibanding negara tetangga, seperti Filipina (6), Thailand (8,05) atau Singapura (22,9). Kondisi ini semakin dipersulit dengna tantangan yang dihadapi selama pandemi COVID-19 selama hampir dua tahun ini.

Untuk itu, peranan teknologi yang mampu menjembatani akses yang lebih luas bagi pasien serta keamanan bagi dokter di masa sulit ini semakin penting.

Berdasarkan hal tersebut, Kementerian Kesehatan RI telah mengeluarkan roadmap transformasi digital di sektor kesehatan hingga 2024 dimana di dalamnya terdapat peranan telehealth dalam membantu mewujudkan layanan kesehatan yang merata dan inklusif. Sebagai salah satu pelaku telehealth terdepan di Indonesia, Halodoc menyelenggarakan diskusi terkait masa depan ekosistem kesehatan masa depan bersama Kementerian Kesehatan RI dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam menyambut Hari Dokter Nasional yang akan jatuh pada 24 Oktober mendatang.

“Saat ini Kemenkes telah membentuk Digital Transformation Office dalam rangka mempersiapkan masa depan sistem kesehatan di Indonesia. Dalam beberapa tahun kedepan, masyarakat diharapkan bisa mengakses layanan kesehatan digital mulai dari dalam kandungan hingga menghadapi kondisi kritis, dimana semua rekam medis akan terintegrasi pada satu sistem, sehingga masing-masing orang nantinya akan memiliki personal health record. Teknologi seperti telehealth ini tidak hanya membantu para dokter meningkatkan skill, namun juga memperluas jangkauan layanannya,” jelas Setiaji, selaku Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan RI.

Dalam kesempatan yang sama, Chief Business Officer & Co-Founder Halodoc, Doddy Lukito turut menekankan pentingnya peran dokter dalam ekosistem Halodoc dan kemampuan teknologi dalam memberikan akses pada masyarakat Indonesia yang lebih luas. “Dari sebelum pandemi hingga saat ini pandemi masih berlangsung, layanan Chat Dokter di Halodoc masih menjadi yang paling diminati oleh 20 juta monthly active user (MAU) kami. Dengan bantuan dari 20.000 mitra dokter, pengalaman pengguna dan kualitas pelayanan konsultasi tetap terjaga meskipun terdapat lebih dari 10x pertumbuhan permintaan dalam platform kami, termasuk dukungan untuk program isolasi mandiri bagi pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dengan gejala ringan bersama Kementerian Kesehatan RI. Tak kalah penting, kami juga melihat perluasan sebaran pengguna yang telah memanfaatkan layanan Halodoc dengan 25% berasal dari daerah luar Pulau Jawa, seperti Sulawesi, Papua, Aceh, Bengkulu.”

Di tengah kebutuhan kesehatan yang meningkat signifikan selama pandemi, data dari IDI menyebutkan bahwa terdapat 730 dokter yang gugur dalam peperangan melawan pandemi ini (data per September 2021). Untuk itu, teknologi diharapkan dapat menjadi salah satu jawaban untuk memberikan wadah konsultasi kesehatan yang lebih aman, baik bagi dokter maupun pasien.

Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. Daeng M. Faqih, SH, MH menuturkan, “Sejak awal pandemi, IDI terus menghimbau para dokter untuk mengurangi praktik tatap muka, namun pelayanan pasien harus tetap berjalan dengan menggunakan APD lengkap. Layanan telemedis ini sangat luar biasa perkembangan dan manfaatnya, termasuk dalam mempercepat layanan vaksinasi hingga membuka akses pelayanan isoman. Tanpa bantuan teknologi, hal ini hampir mustahil dikerjakan, apalagi dengan pasien COVID-19 yang banyak, tenaga kesehatan terbatas, dan fasilitas RS yang serba kekurangan. Indonesia juga wilayahnya sangat luas, sehingga akses kesehatan harus dibuka selebar-lebarnya, dan telemedis adalah jawabannya.”

Doddy turut mengamini optimisme yang disampaikan oleh IDI. Sebagai pelaku telehealth yang dikenal inovatif dalam bidangnya, Halodoc senantiasa berupaya mengadopsi teknologi terkini untuk terus meningkatkan pengalaman pengguna, termasuk pemanfaatan kecerdasan buatan (AI). Namun, hal yang juga menjadi fokus adalah bagaimana perusahaan juga turut berkontribusi untuk turut meningkatkan kapasitas pelaku kunci dalam ekosistem ini, yaitu para mitra dokter. Oleh karena itu, Halodoc secara rutin mengadakan program-program edukasi bagi para dokter dengan bekerja sama dengan IDI. Program yang dimiliki mulai dari pelatihan terhadap adopsi teknologi dan penggunaan platform, pembahasaan jenis penyakit maupun metode treatment baru, hingga pembahasan studi kasus yang terjadi di sekitar. Kami juga memiliki pertemuan mingguan untuk evaluasi kualitas pelayanan berdasarkan feedback pengguna dan pelatihan bulanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan mitra dokter. “Meskipun banyak pembaruan dan adopsi teknologi yang diimplementasikan oleh Halodoc, tentu saja kontribusi dari mitra dokter tidak akan tergantikan,” ujar Doddy.

Dalam kesempatan ini, CEO & Co-Founder Halodoc – Jonathan Sudharta juga turut hadir menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan Kemenkes RI dan IDI, sehingga Halodoc bisa terus mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

Peringati Hari Dokter Nasional, Halodoc Inisiasi Gerakan ‘Terima Kasih Dokter’

Sudah 1.5 tahun pandemi melanda Indonesia, para tenaga kesehatan, termasuk dokter, tetap tegar dan amanah menjalani kewajibannya untuk melindungi kesehatan masyarakat. Untuk itu, Halodoc mengajak masyarakat untuk mengapresiasi perjuangan para dokter se-Indonesia dengan membagikan cerita dan pengalaman bersama dokter selama pandemi melalui media sosial Twitter hingga 24 Oktober mendatang dengan menggunakan #TerimaKasihDokter. Adapun seluruh tweet yang masuk dapat pula diakses pada https://health.halodoc.com/doctor-day/.

Halodoc
Foto: Halodoc

Masyarakat juga dapat melihat tweet terpilih di digital billboard yang ada di daerah Ratu Plaza. Di Hari Dokter Nasional yang jatuh pada Minggu, Halodoc juga akan meluncurkan monumen virtual berupa filter Augmented Reality (AR) di Instagram yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Tiap individu dapat menempatkan monumen tersebut di sekitar lokasi tempat tinggal mereka sebagai bentuk apresiasi terhadap dokter.

“Kami tidak bisa bayangkan kondisi pandemi di Indonesia tanpa perjuangan para dokter dan tenaga kesehatan. Gerakan ini kami inisiasi dengan harapan agar dapat terus memberikan semangat para dokter dan menghimbau masyarakat untuk bersama sama perangi pandemi demi masa depan yang lebih baik. Bersama kita bisa wujudkan Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh,” tutup Doddy.

Baca juga, Sambut 11.11 Big Sale, Shopee Ajak Pengguna Dukung Hasil Karya Pengrajin Lokal dari Dekornata


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan