5 Tema Konten Paling Populer di Reels

0
111
Voice Note Instagram
Foto: Unsplash/Gabrielle Henderson

Hari ini (17/11), Instagram meluncurkan data terbaru terkait tren dan insight seputar konten paling populer di Reels. Data ini didapat melalui kampanye #GerakanReels.

Sejak diluncurkan enam bulan lalu, Reels menjadi sebuah wadah bagi pengguna Instagram di Indonesia. Lalu, menjadikannya Indonesia sebagai pembuat konten Reels.

Tab Reels tersebut juga tercatat berkontribusi secara signifikan tercatat terhadap poporsi waktu yang dihabiskan di Instagram secara keseluruhan.

“Reels merupakan bagian besar dari masa depan konten entertainment di Instagram. Dalam kurun waktu kurang dari 150 hari, Indonesia telah menjadi salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan Reels tercepat di Asia Tenggara.” ujar Pieter Lydian, Country Director untuk Meta Indonesia.

Data internal Instagram menunjukkan kesuksesan Reels di Indonesia. Dimana data tersebut menyatakan bahwa konten-konten yang paling dicari pengguna saat ini adalah entertainment atau konten yang menghibur.

5 Tema Konten Populer Reels

Komedi

Orang Indonesia suka tertawa dan hal tersebut juga tercermin di Reels. Platform tersebut membuka pintu bagi kreator-kreator baru, Instagram melihat muncul generasi komedian baru seperti @arditerwandha, @kathypermata, @kristo.immanuel, @muhadkly, dan @vennyadisuryo, yang dengan kreatif memanfaatkan kekuatan video berdurasi singkat untuk membuat konten lucu dan menghibur. 

Cinta dan Keluarga

Pandemi membuat orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu bersama pasangan dan keluarga. Konten yang menggambarkan interaksi bersama orang terkasih, mulai dari konten yang lucu hingga menyentuh hati, juga populer di Reels karena hal ini mencerminkan apa yang kita lalui setiap hari. 

Fesyen

Orang masih suka belanja walaupun tidak bisa bepergian kemana-mana. Oleh karena itu, Reels menjadi tempat untuk menunjukkan gaya #ootd mereka. 

Meditasi mata

Banyak konten yang menyejukkan dan membuat kita rehat sejenak dari rutinitas dan stress yang kita hadapi sehari-hari. Di Reels, data Instagram juga menunjukkan adanya tren peningkatan untuk obrolan dan diskusi mengenai kesehatan mental di Indonesia tahun ini lewat hashtag seperti #selflove dan #selfhealing. 

Doa dan harapan

Media sosial menjadi sebuah medium untuk saling mengirimkan harapan dan kekuatan. Hal ini juga terlihat dengan meningkatnya penggunaan #semangat. Selain itu, perayaan HUT RI ke-76 menjadi salah satu momen paling ramai di Reels di Indonesia dengan banyaknya doa serta harapan untuk Indonesia disampaikan melalui Reels. 

Instagram sendiri juga sedang melakukan uji coba sebuah fitur untuk menggabungkan seluruh video singkat di bawah 15 menit menjadi Reels. Langkah ini merupakan cara bagi Instagram untuk menjawab apa yang diinginkan pengguna, yaitu video-video menghibur yang bisa ditemukan langsung dalam Feeds mereka, serta pengalaman menjelajahi konten video layar penuh dengan kualitas tinggi.

Uji coba ini juga akan memudahkan para kreator dalam membuat konten video singkat, dan mendorong konten tersebut dapat ditemukan oleh audiens yang lebih luas melalui tab khusus Reels. Selain itu, Instagram juga memudahkan pengalaman pengguna dalam menjelajahi dan menemukan konten video berdurasi panjang dengan menghadirkan tab khusus untuk Video di profil. 

konten populer Reels
Foto: Instagram Indonesia

“Uji coba ini dirancang untuk membuat pengalaman menonton video di Instagram lebih immersive, layar penuh, dan lebih menyenangkan. Kami sangat senang melihat pertumbuhan Reels di Indonesia dan kami berharap perubahan ini akan mendorong pertumbuhan tersebut lebih cepat lagi bagi semua pengguna Instagram, baik itu konsumen, kreator, maupun pelaku bisnis. Kami juga berharap Reels akan terus melahirkan lebih banyak talenta-talenta baru di Instagram,” tutup Pieter

Baca juga: Instagram Bakal Membutuhkan Video Selfie untuk Verifikasi Akun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here