Apa Itu Quora, yang Jadi Tempat Curhat Mahasiswi Pasuruan Sebelum Bunuh Diri

0
Quora
Foto: yoursay.id

Quora kerap disebut-sebut oleh warganet Twitter, bersamaan dengan tagar #SAVENOVIAWIDYASARI yang beredar. Pasalnya, Quora sempat menjadi tempat curhat mahasiswi Pasuruan tersebut. Lantas, apa sih Quora itu?

Dikutip dari laman Wikpedia, Quora merupakan situs pertukaran pengetahuan yang didirikan pada Juni 2019. Lalu, situs ini diluncurkan pada tahap beta privat di buan Desember.

Setelah itu, Quora mulai dibuka untuk umum sejak 21 Juni 2010. Platform tersebut mengumpulkan beragam pertanyaan dan jawabannya pada topik-topik tertentu.

Baca juga: #SAVENOVIAWIDYASARI Trending di Twitter

Tak hanya itu, Quora juga memperbolehkan penggunanya untuk berkolaborasi dengan memberi suara tau mengusulkan perbaikan jawaban. Kompetitor Quora yang cukup signifikan adalah bookmark sosial seperti Reddit, Yahoo! Answers, LinkedIn, Answerbag dan Answers.com.

Sejarah Quora

Quora didirikan oleh Adam D’Angelo (mantan chief technical officer Facebook) dan Charlie Cheever. Adam bahkan mengakhiri kariernya di Facebook untuk membuat platform ini.

Ia berkata bahwa, “banyak sekali sistus questions-and-answers di Internet, tetapi tidak ada yang cukup bagus.” Oleh karena itu, hal tersebutlah yang menjadi awal dari terbuatnya Quora.

Basis pengguna Quora pun mulai tumbuh dengan pesat pada bulan Desember 2010. Pada Maret 2010, Quora menerima modal dari Benchmark Capital sekaligus memberikan nilai start-up ini senilai 85 juta dolar.

Quora Indonesia

Quora dalam bahsa Indonesia pertama kali ada sejak 30 Mei 2018 lalu. Namun, banyak jawaban di Quora bahasa Indonesia yang bertanggalkan sebelum waktu peluncurannya.

Hal ini disebabkan sebelum diluncurkan secara resmi, Quora melakukan percobaan terlebih dahulu selama dua bulan. Saat itu, ada beberapa pengguna Quora bahasa Inggris yang diundang dan setelah beberapa lama mereka boleh mengajak beberapa orang lainnya.

Seorang pengguna yang tak diundang dan ingin bergabun diperbolehkan mengirim email permohonan. Hasil perkiraan menyatakan bahwa terdapat 25 ribu pengikut Quora per 2 Maret 2019.

Quora dan Tagar #SAVENOVIAWIDYASARI

Beberapa waktu terakhir, Quora kerap disebut-sebut oleh warganet di Twitter. Hal ini terjadi karena platform ini sempat digunakan oleh Novia Widyasari sebelum dirinya memutuskan untuk mengakhiri hidup.

Dalam akun Quoranya tersebut, ia sering bercerita terkait perisitwa yang menimpanya tersebut. Tak sedikit juga yang memberi dukungan untuknya melalui kolom komentar.

Pada akun Quoranya yang bernama Aulia Dinarmara Putri R, Novia sempat menyatakan bahwa dirinya tak punya akun di media sosial lain, selain Quora dan WhatsApp. Hal tersebut karena trauma yang dimilikinya.

“Hanya Quora dan WA yang lain saya hapus karena trauma,” jawabnya. Pada postingan tersebut, mahasiswa Pasuruan tersebut menjawab pertanyaan yang berbunyi, “Mengapa kamu memutuskan untuk tidak lagi bermain sosial media?”

Baca juga: Kebijakan Twitter Larang Pengguna Sebar Foto dan Video Pribadi Tanpa Persetujuan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini