Facebook Luncurkan Fitur ‘Professional Mode’ untuk Kreator

0
172
Professional Mode Facebook
Foto: Unsplash/Timothy Hales Bennett

Fitur professional mode Facebook mungkinkan para kreator untuk mencari pendapatan dari konten yang dibuatnya. Fitur tersebut dapat digunakan tanpa perlu membuat Page terpisah.

Dilansir dari Engadget, professional mode ini merupakan bagian dari investasi $1 miliar Facebook induk Meta dalam kreator yang mencakup bonus untuk infulencer Instagram. Sekaligus, merupakan perluasan program Stars yang diumumkan oleh Mark Zuckerberg.

Fitur professional mode ini merupakan penambahan program bonus Reels Play yang memungkinkan para kreator untuk memperoleh hingga $35.000 per bulan berdasarkan penayangan Reels yang memenuhi syarat. Sebelumnya, program tersebut hanya terbuka untuk pengguna dengan Page.

Sebagai bagian dari Reels, Facebook berencana menambahkan kemampuan untuk membuat Reels yang lebih panjang berdurasi 60 detik, kemampuan menyimpan draft dan membuat komposisi dari beberapa klip.

Rangkaian fitur tersebut akan segera datang, sekaligus merilis Reels ke lebih banyak negara di tahun depan.

Professional mode ini juga memungkinkan profil melihat jenis posting dan data analitik aduiens yang sama dengan yang diperoleh pengguna Page. Temasuk shares, reactions dan comments. Kamu juga dapat melihat pertumbuhan follower dari waktu ke waktu.

Ada peringatan yang melibatkan pengaturan privasi. Setelah kamu mengaktifkan fitur tersebut, “siapa pun dapat mem-follow kamu dan melihat konten public kamu dalam feeds mereka,” ujar Facebook.

Namun, kamu masih dapat membatasi postingan atau pembaruan tertentu hanya untuk temanmu.

Facebook sendiri saat ini masih mengejar ketinggalan untuk menyaingi platform dengan komunitas kreator, khususnya TikTok. Dimana TikTok baru-baru ini melewati 3 miliar unduhan dan mengungguli Facebook dalam hal keterlibatan pengguna.

Sementara itu, fitur professional mode ini juga masih dalam tahap pengujian dengan sejumlah profil terbatas di Amerika Serikat. Namun, mereka akan diperluas ke lebih banyak pengguna di Amerika Serikat segera dan lebih banyak negara lagi dalam beberapa bulan mendatang.

Baca juga: Facebook Messenger Hadirkan Fitur Split Bill

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini