Pembaruan WhatsApp Kembangkan Fitur Last Seen dan Voice Message

0
284
Fitur Message Reaction WhatsApp
Foto: Pexels/Anton

WhatsApp membawa pengembangan untuk fitur Last Seen dan Voice Messages. Dimana pengembangan ini membuat pengguna semakin nyaman saat menggunakan aplikasi.

Fitur Last Seen dan Voice Messages yang dibawa WhatsApp ini tentunya akan bermanfaat bagi pengguna.

Seperti pada pembaruan dari fitur Last Seen, dikatakan bakal melindungi pengguna dari nomor yang tidak diketahui. Hal ini dimaksudkan untuk meredakan beberapa masalah privasi tersebut dengan menyembunyikan aktivitas Paradiva dari orang yang tak dikenal.

Sementara, pada fitur Voice Messages, WhatsApp membawa kemampuan preview sebelum mengirimkannya ke teman chat. Langkah tersebut dimaksudkan untuk meredakan kecemasan, sekaligus mengurangi kecanggungan yang datang dari pesan suara yang kamu kirim lewat platform.

Dilansir dari CNET, berikut adalah penjelasan untuk kedua pembaruan fitur pada platform. Simak ya, Paradiva!

Fitur Last Seen WhatsApp

WhatsApp baru-baru ini mengubah fitur Last Seen-nya. Dimana platform tersebut memungkinkan status last seen kita disembunyikan dari kontak yang tak dikenal secara defalut.

Ini artinya, jika Paradiva belum pernah mengobrol dengan seseorang tersebut, mereka tidak akan dapat melihat informasi terkait aktivitasmu dalam aplikasi. Sebelumnya, kamu harus mengubahnya secara manual melalui opsi My Contacts yang terdapat dalam Settings.

Saat ini, fitur tersebut akan secara default terpasang dalam aplikasimu. WhatsApp hanya akan menampilkan status kamu di kontak.

“Kami sangat senang meluncurkan pembaruanyang meningkatkan privasi dan keamanan pengguna kami dengan mempersulit orang yang tidak kamu kenal dan belum mengobrol dengan kamu untuk melihat status Last Seen dan Online kamu di WhatsApp,” ujar WhatsApp.

Perusahaan juga menambahkan bahwa fitur ini tidak akan mengubah apapun antara kamu dan teman, keluarga, serta rekan bisnis yang sebelumnya telah terhubung denganmu.

Fitur Voice Messages WhatsApp

Seperti yang sudah disinggung pada awal artikel, WhatsApp meluncurkan pembaruan untuk Voice Messages untuk meredakan kecemasan dan mengurangi kecanggungan akibat suara yang kita rekam sesaat mengirim pesan suara.

Fitur Voice Messages Preview ini memungkinkan kamu untuk mendengarkan dan mengulang pesan terlebih dahulu sebelum kamu mengirimkannya kembali. Fitur ini sudah seharusnya dihadirkan mengingat platform tersebut menyatakan bahwa Voice Messages merupakan fitur paling populer untuk semua penggunanya.

“Cara termudah dan tercepat untuk mengirim pesan ketika kamu benar-benar ingin menyampaikan emosi, waktu ketat, atau kamu menyulap tugas lain, seperti menggendong bayi atau membawa belanjaan atau bahan makanan,” ujar Facebook dalam rilisnya.

Voice Messages sebelumnya telah menyertkan perekaman secara handsfree dan kontrol kecepatan untuk pemutaran pesan. Akan tetapi, WhatsApp menyatakan fitur baru itu merupakan fitur sempurna untuk saat-saat ketika kamu ingin menyampaikan pesan dengan benar.

Berikut adalah cara untuk menggunakannya:

  1. Buka kolom chatmu di WhatsApp. Bisa group chat atau chat individu.
  2. Klik ikon mikrofon, lalu geser ke atas untuk mengaktifkan perekaman handsfree.
  3. Rekam pesan kamu. Lalu, klik tombol Stop setelah kamu menyelesaikan rekaman tersebut.
  4. Klik tombol Play untuk mendengarkan suara yang telah kamu rekam.
  5. Untuk menghapus dan memulainya dari awal, klik ikon tempat sampah.
  6. Setelh kamu mendapatkan pesan dengan benar, klik tombol Send untuk mengirimkannya.
  7. Kamu dapat melihat preview dan mengulang sebanyak mungkin pengambilan pesan suara yang kamu inginkan. Guna memastikan pesan kamu tersampaikan persis seperti yang kamu inginkan.

Baca juga: Begini Cara Download iOS 15.2 di iPhone-mu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini