WhatsApp Hadirkan Kemampuan untuk Admin Group Hapus Chat Anggota Lainnya

0
116
WhatsApp
Foto: Unsplash/Mourizal Zativa

WhatsApp telah menambah beberapa fitur yang membantu admin grup untuk memoderasi grup mereka dengan lebih baik. Kini, platform tersebut membawa kemampuan untuk menghapus chat dari anggota lain dalam grup.

Menurut WABetaInfo, WhatsApp kemungkinan akan memberi admin grup kekuatan untuk menghapus pesan yang dikirim oleh anggota lainnya.

WhatsApp sendiri saat ini hanya mengizinkan pengirim asli pesan untuk menghapus chat yang mereka kirim. Platform tersebut juga tidak mengizinkan pesan-pesan ini dihapus setelah jangka waktu tertentu sejak dikirim. Sekalipun, oleh pengirim aslinya.

Satu-satunya piihan yang tersisa untuk pengirim adalah memilih opsi “delete for me”. Namun, fitur ini hanya menghapus pesan dari ponsel mereka, sementara dapat dilihat oleh anggota grup lainnya.

Dikutip dari Digital Trends, sebuah screenshot dari WABetaInfo menunjukkan bahwa admin grup WhatsApp akhirnya dapat menghapus pesan yang diposting oleh anggota grup lainnya.

Screenshot tersebut menunjukkan bahwa pesan yang dihapus oleh admin akan menuliskan notifikasi seperti, “This was deleted by an admin”. Menunjukkan bahwa WhatsApp sedang dalam tahap awal pengujian fitur ini untuk beberapa penguji alfa.

Penambahan fitur ini bersama dengan seperangkat alat moderasi konten yang ada. Kemungkinan akan membantu WhatsApp melepaskan julukannya sebagai “sarang penyebaran hoax”.

Forward WhatsApp yang tidak dicentang telah disalahkan atas beberapa insiden mengerikan di seluruh dunia, terutama di India. Hal tersebut dikarenakan rumor yang tidak terkendali telah menyebabkan banyak kasus hukuman mati tanpa pengadilan dan keadlian massa.

Fakta tersebut menyatakan bahwa kemampuan untuk menghapus chat dalam grup oleh admin ini berpotensi menyelamatkan nyawa. Sekaligus, menjadi alasan yang cukup baik bagi WhatsApp untuk meluncurkannya lebih cepat lagi.

Baca juga: Pembaruan WhatsApp Kembangkan Fitur Last Seen dan Voice Message

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here