Begini Rangkuman Musik JOOX Sepanjang 2021

0
189
Karaoke ROOMS
Foto: JOOX

Menjelang tahun 2022, JOOX mengumumkan ulasan musik di Indonesia sepanjang 2021. Pasalnya, tahun ini katakan pengguna platform di Indonesia mendengarkan musik lebih lama 15% selama 2021.

Ulasan ini diambil berdasarkan kebiasaan dan selera musik pengguna, menonton tayangan langsung, serta ikut serta dalam obrolan di JOOX ROOMS. Tak hanya itu, tahun ini, JOOX memungkinkan lebih banyak interaksi sosial dengan memanfaatkan fitur terbaru.

Menurut kebiasaan pengguna JOOX selama 2021, menunjukkan adanya peningkatan local pride masyarakat. Melalui kebiasaan tersebut, platform menemukan bahwa pengguna paling sering mendengarkan lagu ketika dalam perjalanan. Yaitu sekitar pukul 7-10 Pagi dan 4-6 Sore.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa kegiatan masyarakat Indonesia sudah mulai kembali normal setelah sekian lama bekerja dan sekolah dari rumah.

Sementara itu, durasi rata-rata pengguna dalam mendengarkan musik juga lebih lama 15% setiap harinya. Kegemaran pengguna JOOX akan musik lokal juga tidak diragukan lagi.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun menunjukkan bahwa 4 dari 5 lagu yang paling banyak didengar selama 2021 adalah lagu lokal. Dengan “Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti” dari Anneth – JOOX Artist of The Month bulan Agustus – menduduki posisi pertama.

5 Lagu Paling Banyak Didengarkan

Top 1:Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti – Anneth Delliecia

Top 2:To The Bone – Pamungkas

Top 3:Melukis Senja – Budi Doremi

Top 4:Here’s Your Perfect – Jamie Miller

Top 5:Putus Atau Terus – Judika

JOOX
Foto: JOOX Indonesia

Selain daftar lagu yang paling banyak didengarkan di 2021, ulasan musik JOOX juga mengumumkan penyanyi yang lagunya paling banyak didengarkan selama 2021.

3 Artis Pria Paling Banyak Didengarkan: 
  • Top 1: Rizky Febian
  • Top 2: Judika
  • Top 3: Pamungkas
3 Artis Wanita Paling Banyak Didengarkan: 
    • Top 1: Rossa
  • Top 2: Happy Asmara
  • Top 3: Anneth
3 Band Paling Banyak Didengarkan: 
  • Top 1:UNGU
  • Top 2 : NOAH
  • Top 3 : Dewa 19

3 Artis Internasional Paling Banyak Didengarkan

  • Top 1: BTS
  • Top 2: BLACKPINK
  • Top 3: Justin Bieber

Selain menduduki posisi nomor 1 sebagai Artis Pria Paling Banyak Didengarkan di JOOX selama 2021, Rizky Febian adalah satu-satunya artis Indonesia yang lagunya secara konsisten masuk ke dalam JOOX Top Chart 100 setiap tahun. Selain Itu, BTS juga menyabet posisi 1 Artis Internasional Paling Banyak Didengarkan di JOOX seiring meningkatnya popularitas musik K-Pop di Indonesia. Untuk mengetahui rangkuman perjalanan musik Kamu, silakan cek kolom notifikasi Kamu di JOOX.

Fitur JOOX Rooms Digemari Anak Muda

JOOX ROOMS, fitur yang baru diluncurkan tahun ini memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan langsung melalui audio maupun video, sembari bermain game dan berbagi lagu dari lebih dari 40 juta koleksi lagu JOOX. Di JOOX ROOMS, artis favorit Kamu bisa memberikan kejutan dengan muncul dan ikut serta dalam pertemuan virtual yang para penggemarnya selenggarakan.

JOOX ROOMS sudah dikenal para pengguna sejak peluncurannya di pertengahan tahun lalu.  Di Indonesia sendiri, para pengguna telah membuat ROOMS sebanyak lebih dari 480.000 kali. Fitur ini juga dimanfaatkan oleh para artis untuk mengenalkan karya mereka dengan mengadakan virtual listening party.

Acara listening party yang diadakan Anneth pada Agustus lalu bahkan berhasil mengumpulkan lebih dari 600 orang di saat bersamaan dan mendapatkan lebih dari 6500 view. Ini adalah ROOMS artis yang memiliki paling banyak partisipan selama 2021. Menunjukan bahwa JOOX ROOMS telah menjadi platform pilihan baru para pengguna dan artis untuk melakukan pertemuan virtual.

Program ROOMS yang paling populer adalah Fandom Rooms spesial ulang tahun JOOX keenam di bulan Oktober lalu yang diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada para penggemar musik dengan menghadirkan para musisi idola untuk berinteraksi langsung dengan mereka. Program mendapatkan total view 35.242. JOOX ROOMS akan terus menghadirkan lebih banyak kejutan untuk pengguna Indonesia di tahun depan.

Kegiatan interaktif untuk mendekatkan artis dengan para penggemar

Sebagai wujud komitmen JOOX sebagai Rumah Jagoan Lokal di Indonesia, JOOX telah menggandeng lebih dari 50 artis lokal dari berbagai genre musik untuk menghadirkan pengalaman musik terbaik dan relevan untuk seluruh pengguna.

Melalui program Rumah Jagoan Lokal dan Orkes Musik Dangdut, JOOX mendukung para artis pendatang baru dari berbagai daerah di Indonesia untuk membuat lagu JOOX Original, berinteraksi langsung dengan para penggemar musik, dan mempromosikan karya mereka melalui semua kanal promosi JOOX.

Untuk mengumumkan posisi baru JOOX sebagai “Lebih dari Musik”, Kami melakukan kolaborasi akbar dengan Laleilmanino – produser musik yang sudah memenangkan banyak penghargaan, rumah produksi ternama Visinema, dan beberapa musisi muda serta komunitas lokal, untuk membuat projek “SVARA” yang menghasilkan seri dokumenter pertama JOOX serta beberapa lagu JOOX Original. JOOX juga mengapresiasi musisi lokal melalui kegiatan JOOX Indonesia Music Awards yang pemenangnya 100% dipilih oleh penggemar, serta program regular JOOX Artist of The Month yang akan terus dilaksanakan hingga tahun depan.

Ketertarikan pengguna akan konten internasional juga dijawab JOOX lewat berbagai kolaborasi dan tayangan langsung. JOOX menggandeng produser musik Dipha Barus dan artis pendatang baru Anneth untuk meng-cover dan me-remix lagu terbaru musisi internasional populer Alan Walker, yang berjudul “Believers”.

Ed Sheeran juga melakukan konser musik virtual untuk mempromosikan album terbarunya yang berjudul “=” yang ditayangkan langsung secara eksklusif hanya di JOOX. Untuk memuaskan para pecinta musik K-Pop, JOOX secara eksklusif menayangkan berbagai acara musik populer, termasuk 2021 Melon Music Awards (MMA) dan Mnet ASIAN MUSIC AWARDS (MAMA), dan program JOOX Original K-Pop – IDOL STATION Season 2.

“JOOX akan terus menghadirkan pengalaman lebih dari musik di tahun 2022 dengan menghadirkan berbagai acara musik dan program hiburan berbeda. JOOX juga akan memberikan kesempatan kepada komunitas dan para pembuat konten kreatif untuk menemukan berbagai hal baru melalui fitur-fitur interaktifnya. Nantikan berbagai konten musik dan program terbaru JOOX di 2022,” ujar Yuanita Agata, Head of Marketing JOOX Indonesia.

Baca juga: JOOX Gelar Kolaborasi Akbar SVARA “Perjalanan Bermakna di Balik Nada”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini