Nintendo Hampir Membuat Smartphone Pertama Bernama PageBoy

0
259
PageBoy

Nintendo hampir menjadi perusahaan pertama yang meluncurkan perangkat smartphone di dunia. Perangkat tersebut merupakan aksesori tambahan untuk Game Boy Color yang disebut PageBoy.

Menurut Liam Robertson, seorang sejarawan, peneliti dan jurnalis video game, dirinya menemukan iklan Nintendo dari tahun 1990-an yang mengungkap bahwa perusahaan tersebut sedang mengerjakan aksesori tambahan untuk Game Boy Color.

Aksesori ini dikenal dengan nama PageBoy. Saat digunakan dengan Game Boy Color, perangkat tersebut akan memebrikannya kemampuan seperti smartphone.

Ketika berbicara seputar koneksi internet dimana pengguna dapat membaca berita, majalah, mendapatkan laporan cuaca, menonton televisi langsung dan bahkan menghubungi serta mengirim pesan kepada pemilik PageBoy lainnya.

Teknologi yang mendukungnya akan sama dengan sistem pager. Itulah sebabnya perusahaan memilih untuk menyebutnya PageBoy.

Pada tahun 1999, Nintendo bekerja dengan grup yang baru dibuat berjudul Wizard untuk membantu memulai dan mengelola perangkat, bekerja untuk melihat apakah add-on Game Boy Color benar-benar dapat dibuat dan apakah itu akan menguntungkan bagi raksasa game tersebut.

Pada akhirnya, ketergantungan PageBoy pada teknologi transmisi radio dan penggunaan menara radio yang hanya ada secara luas di Amerika Serikat membunuh setiap peluang penciptaan perangkat.

Sementara Nintendo sangat terkesan dengan kemampuan pengguna untuk mengirim gambar menggunakan kamera Game Boy dan kemampuan perusahaan itu sendiri untuk mengirim video langsung ke pemilik PageBoy, transmisi radio akan sangat membatasi daya tarik add-on.

Nintendo bersikeras tentang daya tarik universal adn kesederhanaan GameBoy. Serta, PageBoy pada akhirnya akan bertentangan dengan filosofi tersebut.

The Big N akhirnya membatalkan pengembangan PageBoy pada Juli 2002 setelah banyak pertimbangan. Tentu saja banyak aspek dari perangkat tersebut menjadi sangat lazim di masyarakat modern dan di banyak perangkat Nintendo yang mengikutinya.

Ide live videonya akhirnya berkembang menjadi Nintendo Directs yang masih diterima penggemar hingga hari ini dan ide pengirim pesan dan gambar ke orang lain akan ditampilkan dalam fungsi Pictochat Nintendo DS dan Miiverse Wii U.

Konsep smartphone sendiri telah ada jauh sebelum Apple meluncurkan iPhone dan mengambil konsep mainstream. Sebelumnya, ada PDA yang hampir dapat kamu anggap sebagai pendahulu smartphone.

Seandainya PageBoy diluncurkan, Nintendo dapat menjadi salah satu perusahaan pertama yang meluncurkan smartphone.

Baca juga: Nintendo Hadirkan Game Boy dan Game Boy Color untuk Switch Online

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini