Snapchat Batasi Rekomendasi Teman untuk Akun Remaja

0
Snapchat

Snapchat ubah fitur rekomendasi teman untuk meningkatkan keamanan dalam aplikasi. Perusahaan tersebut mempersulit akses orang asing dewasa untuk menemukan akun remaja dalam aplikasinya.

Dinamakan fitur “Quick Add”, aplikasi tak akan lagi menampilkan akun anak berusia 13 hingga 17 tahun. Kecuali mereka memiliki “sejumlah akaun yang sama, menurut Snap yang dilansir dari Engadget.

Meskipun perubahan tidak akan mencegah orang dewasa dan remaja untuk terhubung sama sekali. Hal tersebut dapat mempersulit orang asing untuk menemukan remaja yang belum mereka kenal.

Dalam sebuah posting blog, perusahaan menyatakan bahwa perubahan tersebut merupakan bagian dari pekerjaannya untuk “memerangi epidemi fentanil” dan mencegah pengedar narkoba untuk menemukan “cara baru menyalahgunakan Snapchat.”

Snapchat sendiri telah menghadapi pengawasan atas penanganan pengedar narkoba dalam platformnya selama beberapa bulan terakhir. Anggota parlemen dan advokat keamanan telah mendorong aplikasi tersebut untuk berbuat lebih banyak guna menjauhkan pengedar dari Snapchat menysul laporan overdosis terkait dengan obat-obatan yang dibeli melalui aplikasi.

Pada Selasa (18/1) lalu, Snapchat juga menyatakan bahwa mereka telah meningkatkan kemampuannya untuk secara proaktif mendeteksi “konten terkait narkoba” dalam paltformnya. Dengan 88 persen “konten terkait narkoba” sekarang “terdeteksi secara proaktif” dengan AI.

Perusahaan juga mencatat bahwa mereka telah membentuk tim yang bekerja secara langsung dengan lembaga penegak hukum dan telah “meningkatkan secara signifikan” waktu responsnya terhadap permintaan pengakan umum.

Pada sidang Senat musim gugur lalu, Wakil Presiden Kebijakan Publik Global Snap Jennifer Stout menyatakan perusahaan sedang mengerjakan fitur kontrol orang tua baru yang memudahkan mereka untuk memantau aktivitas anak-anak melalui aplikasi. Pembaruan tersebut masih belum diluncurkan, meski perusahaan berharap untuk membuatnya tersedia “dalam beberapa bulan mendatang.”

Baca juga: Snapchat Kenalkan 4 Fitur Baru Bikin Makin Betah


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan