TikTok Uji Coba Fitur Subscription Kreator Konten

0
123
TikTok Fitur Subscription
Foto: Unsplash/Solen Feyissa

Setelah Instagram, TikTok juga turut menguji coba fitur subscription untuk kreator konten pada platformnya. Nantinya, Paradiva dapat berlangganan konten dari kreator atau influencer TikTok favoritmu.

Layanan ini sedang mengeksplorasi fitur Subscription yang memungkinkan influencer untuk mendapat bayaran setidaknya beberapa konten yang mereka bagikan dalam aplikasi.

Fitur Subscription TikTok tersebut sedang diuji secara terbatas. Jadi, Paradiva mungkin tak akan melihat para kreator konten favoritmu menggunakannya dalam waktu dekat. Platform tidak memberi detail lebih lanjut terkait cara kerja dari fitur tersebut.

“Kami selalu memikirkan cara-cara baru untuk membawa nilai bagi komunitas kami dan memperkaya pengalaman TikTok,” ujar juru bicaranya yang dikutip dari Engadget.

Seperti halnya Twitch, Twitter dan Youtube, TikTok memungkinkan audiens untuk mengirim kiat pada influencer yang terdaftar dalam program Creator Next. Pengguna juga dapat membeli dan mengirim hadiah virtual kepada kreator konten.

Mengingat opsi monetisasi lainnya dan platform saingan telah menerima langganan, tidak mengherankan jika TikTok juga mengikuti jalur tersebut. Pada tahun 2020, TikTok mengumumkan dana sebesar USD 200 juta untuk mendukung para kreator konten.

Meta juga telah menghabiskan banyak uang untuk influencer. Perusahaan menyatakan tahun lalu akan menginvestasikan sekitar USD 1 miliar pada kreator konten seperti Facebook dan Instagram pada akhir 2022. Dengan harapan dapat menjauhkan mereka dari pesaing.

CEO Mark Zuckerberg menyatakan perusahaan tidak akan memotong pendapatan mereka sampai setidaknya tahun 2023. Subscription Instagram hanya tersedia untuk sejumlah kecil kreator untuk saat ini. Namun, ada rencana untuk membuka akses ke orang lain dalam waktu beberapa bulan mendatang.

Menurut Paradiva, perlu nggak sih fitur subscription hadir di TikTok?

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur Subscribe untuk Kreator Konten

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini