Emoji Pria Hamil yang Kontroversial, Menyusul 838 Lainnya

0
2029
emoji pria hamil

Gadgetdiva.id — Emoji pria hamil akan menjadi salah satu emotikon di antara 838 emoji baru yang akan ditambahkan ke dalam keyboard perangkat paradiva dalam waktu dekat, khususnya para pemilik Apple. Emotikon ini rupanya sempat memicu kontroversi di dunia maya.

Adalah Unicode Consortium yang bertanggung jawab dalam ragam emotikon baru yang akan ada di keyboard, termasuk emoji pria hamil. Mereka telah melakukan finalisasi banyak karakter yang akan ditambah untuk membuat para pengguna lebih mengekspresikan diri mereka, lebih dari sekedar kata-kata atau teks.

Baca juga: Smartphone Lipat OPPO Segera Meluncur

Emoji pria hamil ini sejatinya telah diumumkan pada Juli tahun lalu dan sejak itu kontroversi pun bertebaran. Namun Emojipedia bersikukuh jika Unicode ingin sebisa mungkin menjadi inklusif, sehingga semua orang bisa menggunakannya.

emoji pria hamil

“Emoji-emoji baru ini telah mendapat persetujuan untuk membuat keyboard emoji lebih konsisten dan inklusif gender, selaras dengan langkah yang sudah kami lakukan untuk emoji sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir,” ujar Senior Emoji Lexicographer, Jane Soloman, seperti dikutip dari Daily Star, Rabu, 2 Februari 2022.

Menurut Solomon, apa saja bisa menjadi emotikon dan mengesampingkan penamaan, seperti emotikon pria hamil. Ini berlaku di dunia nyata, baik itu pria transgender, atau atau kisah non-fiksi seperti Arnold Schwarznegger yang bermain dalam film Junior. Ada juga promosi iklan album Montero yang menampilkan Lil Nas X hamil.

“Orang dengan jenis kelamin apapun juga bisa hamil. Sekarang ada emoji untuk mewakili ini,” ujar Soloman.

Kontroversi Emoji Pria Hamil

Bukan netizen namanya jika tidak julid dan memberikan reaksi beragam di Twitter. Banyak yang mengaku bingung dengan emoji tersebut. Ada yang menganggap tidak berguna, bahkan ada juga yang memilih untuk mengartikan emoji itu dengan istilah lain.

emoji pria hamil

“Sepertinya bisa dihitung orang-orang yang meminta kehadiran emoji ini,” kata netizen.

“Saya tidak membenci transgender dan sejenisnya. Saya hanya berpikir, siapa yang mau menggunakan emoji ini?” timpal yang lain.

Bagi mereka yang berpikir positif, berusaha untuk mengganti istilah emoji pria hamil ini dengan ‘pria perut buncit’ atau ‘pria kekenyangan’.

Konsorsium mengaku sudah menyepakati adanya 838 emoji baru. Selain pria hamil ada juga karakter troll, sarang burung, wajah meleleh, serta emoji salaman atau wajah dengan warna kulit yang lebih beragam.

Emoji baru ini sekang sudah bisa dinikmati oleh para pengguna iPhone dan iPad dengan iOS yang telah diperbaharui ke OS versi 15.4.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini