Oki Setiana Dewi Jadi Trending Topic Twitter, Ada Apa?

0
Oki Setiana Dewi
Foto: Instagram/@okisetianadewi

Oki Setiana Dewi menjadi pembicaraan hangat di Twitter setelah video ceramahnya diunggah oleh salah satu netizen pada Rabu (2/2) kemarin. Dirinya bahkan sempat menjadi tranding topic dalam platform tersebut dengan tagar #KDRT.

Video ceramah tersebut awalnya diunggah oleh Oki Setiana Dewi sendiri pada akun TikToknya. Dimana pada video tersebut, dirinya bercerita seputar seorang perempuan yang ia nyatakan merupakan sebuah kisah nyata dari Jeddah.

Berdasarkan kisah yang Oki Setiana Dewi bagikan tersebut, perempuan asal Jeddah itu sedang bertengkar dengan suaminya. Pertengkaran itu membuat sang suami menampar perempuan tersebut, hingga perempuan itu menangis dan matanya sembab.

Bertepatan dengan pertengkaran tersebut, ayah dan ibu sang perempuan datang mengunjungi kediaman mereka. Keluarganya tersebut lalu mendapati mata sang perempuan sembab dan memar pada wajahnya, mereka pun kaget.

Oki Setiana Dewi
Foto: Instagram/@okisetianadewi

Alih-alih menceritakan apa yang terjadi padanya bahwa dirinya sehabis ditampar oleh sang suami, perempuan tersebut menyembunyikan perbuatan suaminya. Ia menyatakan bahwa dirinya merindukan kedua orang tuanya hingga membuatnya berdoa sambil menangis.

Dirinya juga mengaku menangis bahagia lantaran doanya langsung dikabulkan saat itu juga. Perempuan itu menutupi perbuatan sang suami kepada ayah dan ibunya.

“Itu kan kalau perempuan kadang-kadang suka lebay ceritanya nggak sesuai kenyataan, dilebih-lebihkan gitu,” ujar Oki pada videonya. “Orang kalau lagi marah lagi sakit hatikan ceritanya suka dilebih-lebihkan biasanya.”

Akhirnya, sang suami merasa terenyuh dengan tindakan istrinya tersebut. Kemudian, menilai tindakan istinya sebagai “menutup aib” dari dirinya.

Oki lalu menambahkan dalam ceritanya, “makin sayang dan cintalah suami tersebut, jadi nggak perlulah cerita-cerita yang sekiranya membuat kita menjelek-jelekkan pasangan kita sendiri.”

@okisetianadewi13 Tingkat tertinggi akhlak istri #okisetianadewiofficial #dakwah #islam #fypシ ♬ Kiss the Rain – Richard Abel

Oki Setiana Dewi Duduki Trending Topic Twitter

Oki Setiana Dewi
Foto: Instagram/@okisetianadewi

Berdasarkan pernyataan yang dikatakan oleh Oki dalam video tersebut, netizen menggap dirinya menormalisasi KDRT dalam rumah tangga. Hingga akhirnya menjadi tagar dan menduduki trending topic pada Kamis (3/2), hari ini.

Video tersebut kemudian diunggah ulang oleh sebuah akun di Twitter. Hingga kini, nama Oki Setiana Dewi masih menjadi topik hangat netizen. Namanya sempat menduduki trending topic teratas dalam platform burung biru tersebut.

Telah ada lebih dari 4.000 cuitan berisi nama dirinya dalam Twitter dan sebanyak lebih dari 23.000 cuitan menyisipkan kata kunci KDRT. Tak sedikit juga yang menyayangkan pernyataan Oki dalam video tersebut.

“Cerita-cerita begini justru membuat istri dipaksa menerima kelakuan suaminya yg brengsek atas nama jaga aib suami. Istrimu bukan sasak tinju woy!” cuit salah satu netizen.

“semarah2nya sama org, apalagi istri/suami, you should NEVER lay your hands on them wtf?? oki setiana dewi you’re making the muslim community look really bad by defending domestic violence,” tulis salah satu netizen.

“please oki setiana dewi, before you are an ustazah you are a human and woman, this is straight up basic common sense,” ungkap salah satu netizen lainnya.

“Nyaris gak pernah saya ngomentari orang dakwah, karena itu soal kepercayaan & audiesnya jelas umatnya sendiri. Pernah satu acar asama Oki Setiana Dewi, baik & ramah. Untuk itu, semoga Oki paham apa yang disampaikan ini salah, berbahaya dan bisa menjadi justifikasi KDRT,” ungkap salah satu lainnya.

Twitter Berikan Rekomendasi untuk Pelaporan KDRT

Setelah Oki Setiana Dewi dan KDRT menjadi trending topic, Gadgetdiva menemukan bahwa jika kita mencari kata “KDRT” pada kolom search Twitter, maka platform akan langsung merekomendasikan pelaporan kepada LBH APIK Jakarta dan Komnas Perempuan.

Platform tersebut menampilkan banner yang bertuliskan, “Anda tidak sendirian. Kami siap membantu. Jika Anda atau perempuan yang Anda kenal mengalami atau berisiko mengalami kekerasan berbasis gender (termasuk KDRT), LBH APIK Jakarta dan Komnas Perempuan ada di sini untuk mendukung Anda.”

Selanjutnya, Twitter menyisipkan tautan linktree dari LBH APIK Jakarta dan akun Twitter dari Komnas Perempuan. Dimana dapat diakses dengan mudah.

Baca juga: Kenalan Sama 8 Member JKT48 Generasi 10 dari Instagramnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini