Snapchat dan Facebook Sebut Tren Tampilan Media Sosial Akan Seperti TikTok

0
198
Tombol Private Dislike

Siapa sangka TikTok dicanang bakal jadi trendsetter media sosial selanjutnya? Snapchat dan Facebook menyatakan bahwa media sosial akan mengikuti TikTok di masa depan.

Dalam sambutannya kepada investor untuk laporan pendapatan kuartal Snapchat hari Kamis (3/2) lalu, CEO Snap Evan Spiegel menyatakan bahwa kini pengguna Snapchat lebih tertarik melihat Spotlight dan Discover dari TikTok. Hal ini dikarenakan laporan penonton Stories berkurang lebih banyak dari sebelumnya.

Meski dirinya tetap berharap pengguna akan kembali menggunakan Stories seperti sebelumnya. Evan menyatakan bahwa tren TikTok tersebut telah diamati oleh Snapchat selama pandemi.

“Ini adalah kelanjutan dari tren yang telah kami amati selama pandemi dan posting dan penayangan stories teman per pengguna aktif harian belum kembali ke tingkat pra-pandemi,” ujar Evan dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari The Verge.

Sementara Snapchat sendiri belum merinci persis seperti apa perubahan pada bagian kontennya, apakah mungkin akan menghadirkan tab lebih mirip TikTok dengan membuka video full screen dari para kreator Spotligt. Atau, membuat kemampuan bagi pengguna untuk menyelam ke lebih banyak konten dalam aplikasi layaknya Discover yang dihadirkan TikTok.

Evan sendiri menyoroti bahwa beberapa kreator Spotlight telah memiliki acara mereka sendiri yang berulang dalam aplikasi. “Visi kami tentang Spotlight sebagai platform dimana audiens dapat menemukan Kreator, topik dan komunitas baru dan kemudian terlibat dengan mereka lebih dalam pada Discover,” tambahnya.

Mark Zuckerberg CEO Facebook juga sependapat dengan Evan. Dirinya mengidentifikasi TikTok sebagai ancaman yang kuat minggu ini.

“Orang-orang memiliki banyak pilihan seputar bagaimana mereka ingin menghabiskan waktu mereka dan aplikasi seperti TikTok berkembang sangat cepat,” jelasnya.

Tidak seperti Snap yang masih mengembangkan basis penggunanya dan menunjukkan pertumbuhan pendapatan yang lebih barik dari perkiraan, Meta mengecewakan investor dengan laporan pendapatannya minggu ini.

Dimana perusahaan tersebut menghapus lebih dari $200 miliar nilai pasarnya dalam sehari – mengalahkan rekor yang ditetapkan sebelumnya pada tahun 2018.

Kendati demikian, Snapchat dan Meta masih menganggap TikTok sebagai pesaingnya. Dimana media sosial tersebut membawa format baru yang menarik, baik untuk tampilan Stories maupun Feeds-nya.

TikTok juga dinyatakan berpotensi mengalihkan perhatian pengguna dengan cepat. Snapchat menemukan format Stories yang sekarang digunakan pada hampir semua media sosial, sementara Meta masih mengejar ketertinggalannya.

Perkembangan TikTok selama pandemi pun melesat. Platform tersebut berhasil menggeser Google pada kategori Website Paling Banyak Dikunjungi Tahun 2021.

Sebelumnya, TikTok juga dikabarkan telah berhasil mendapatkan 1 miliar pengguna baru setiap bulannya. Pada musim panas lalu, TikTok memiliki lebih dari 689 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia dengan lebih dari 100 juta di Amerika Serikat.

Aplikasi ini mengalami peningkatan popularitas yang ekponensial di tengah lockdown COVID-19, melampaui angka unduhan global 2 miliar di awal pandemi.

Baca juga: TikTok Kabarkan 1 Miliar Orang Gunakan Aplikasinya Setiap Bulan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini