Google Luncurkan Font Roboto Serif, Bikin Mata Lebih Nyaman Saat Membaca

0
112
Font Roboto Serif

Gadgetdiva.id — Bekerja sama dengan Commercial Type, Google telah meluncurkan font Roboto. Dinamakan Roboto Serif, perusahaan mengklaim bahwa font ini ideal untuk digunakan pengguna Android saat membaca teks online.

Font Roboto Serif sendiri dirancang oleh Greg Gazdowicz dari Commercial Type. Guna menciptakan pendamping serif yang lebih mudah untuk dibaca dalam jenis huruf Roboto Sans-nya.

Font Roboto Serif

Font terbaru dari Roboto ini tak hanya sekadar gaya baru yang dibawa oleh Google. Rob Giampierto Google UX Manajer, menyatakan font ini melainkan telah melalui pertimbangan berdasarkan pengguna yang biasanya menghabiskan waktu sekitar tujuh jam untuk membaca teks online.

Font Roboto Serif Google

Font Roboto serif ini memiliki desain minimal yang merupakan perbaruan dari font serif lama. Font ini dibuat setelah banyak bereksperimen dari berbagai bentuk dan proporsi untuk meningkatkan keterbacaannya.

Roboto Serif sendiri memiliki empat sumbu varibel dan enam ukuran optik (mikro, teks kecil, teks, dek, tampilan dan poster). Ketika menggunakannya, Paradiva dapat menyesuaikan lebar, tinggi, ukruan dan tingkat font.

Google menyediakan sembilan versi yang siap dipakai. Di antaranya adalah Thin, ExtraLight, Regular, Medium, Bold dan Black.

Font Roboto Serif

Roboto Serif sendiri merupakan keluarga jenis huruf variabel yang dirancang untuk menciptakan pengalaman membaca yang nyaman dan tanpa gesekan. Minimal dan sangat fungsional, font ini berguna untuk digunakan di mana saja. Sekalipun, untuk UI aplikasi karena rangkaian bobot dan lebar yang luas di berbagai ukuran optik.

Lebih lanjut, Roboto Serif sendiri merupakan tambahan terbaru dalam superfamili Roboto. Diaman meliputi Roboto Sans, Roboto Slab, Roboto Mono dan Roboto Condensed.

Font Roboto Serif
Foto: Unsplash/Jonas Laupe

Desain minimal dan keserbagunaan Roboto Serif membedakannya dari font serif variabel lainnya. Seperti, Literata yang dibuat terutama untuk pembacaan di layar.

Sementara, pada browser yang didukung, font memanfaatkan properti CSS “font-optical-sizing” untuk memberikan pengalaman membaca di layar yang lebih baik. Google mengatakan font ini akan tetap nyaman dibaca dalam ukuran berapa pun, dalam formta apapun. Maupun dari layar atau cetak.

Baca juga: Fitur Pin DM Twitter Diluncurkan, Ini Cara Pakainya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini