Kembangkan Reels, Instagram Stop Dukungan pada Aplikasi IGTV

0
82
Fitur NFT Instagram
Unsplash/Solen Feyissa

Gadgetdiva.id — Instagram mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri dukungan pada aplikasi IGTV yang terpisah. Pengumuman ini disampaikan pada Senin (28/2) kemarin.

Meta telah mengonfirmasi bahwa aplikasi IGTV tersebut akan dihapus dari App Store pada pertengahan bulan Maret. Hal ini merupakan upaya untuk membuat video sesederhana mungkin agar dapat ditemukan dan dibuat.

Instagram sendiri menyatakan bahwa sekarang mereka akan fokus untuk mengembangkan dan menyederhanakan fitur video dalam aplikasi utama Instagram. Sekaligus, untuk menggabungkan semua fitur video hanya dalam satu platform.

Aplikasi IGTV

Aplikasi IGTV Instagram Bakal Dihapus

Pengumuman tersebut datang ketika Instagram telah menghapus branding IGTV pada Oktober 2021 lalu. Dimana mereka akhirnya menggabungkan video berdurasi panjang dari IGTV dan video feed Instagram ke dalam sebuah format baru yang disebut Video Instagram.

Aplikasi IGTV
Foto: Unsplash/Gabrielle Henderson

Pada saat itu, Isntagram menyatakan aplikasi IGTV tidak akan hilang dan akan diganti namanya. Namun, kemarin (28/2) Instagram akhirnya mengumumkan bahwa ilanan video in-stream, yang sebelumnya dikenal sebagai iGTV tak akan lagi didukung, alih-alih malah mengalihkan fokusnya ke Reels.

Instagram menyatakan pembuat konten yang secara aktif memonetiasai dengan iklan video in-stream akan tetap emnerima pembayaran bulanan sementara berdasarkan penghasilan terbaru. Meskipun ini tampak seperti langkah mundur dalam hal monetiasai kreator, Instagram mengungkap bahwa mereka sedang menjajaki lebih banyak cara bagi pengguna untuk memeroleh pendapatan.

Instagram Fokus kembangkan Reels

Akhir tahun ini, perusahaan akan mulai menguji pengalaman iklan baru di Instagram. Dimana memungkinkan pengguan memeroleh pendapatan dari iklan yang ditampilkan dalam Reels mereka. Opsi monetisasi baru akan bergabung dengan program bonus Reels yang menawarkan peluang bagi kreator untuk menghasilkan uang setiap bulan.

Sebagai bagian dari pengumuman, Instagram menegaskan kembali fokusnya pada Reels. Mereka mencatat bahwa Reels terus menjadi kontribusor besar untuk pertumbuhan keterlibatan pada aplikasi dan berencana untuk terus berinvestasi dalam fitur tersebut.

Aplikasi IGTV

“Video adalah bagian besar mengapa orang menikmati Instagram dan kami menyukai bagaimana komunitas kreator kami menggunakannya untuk mengekspresikan diri, berkolaborasi dengan orang lain, dan terhubung dengan pengikut mereka,” ujar Instagram dalam postingan blog mereka yang dilansir dari Tech Crunch.

Reels akan terus menjadi bagian yang berkembang, tambah mereka, sekaligs menjadi yang terpenting dari Instagram. “Kami bersemangat untuk berinvestasi lebih banyak lagi dalam format ini.”

Keputusan untuk menutup aplikasi IGTV sudah hilang sebagai produk mandiri. Pada awal 2020, Instagram menghapus tombol IGTV yang berwarna oranye dari halaman beranda karena kurangnya daya tarik. Langkah tersebut dilakukan pada saat, 7 juta dari 1 miliar lebih pengguna Instagram telah mengunduh aplikasi IGTV, TechCrunch sebelumnya melaporkan yang dikutip dari penelitian Sensor Tower.

Baca juga: Begini Cara Menggunakan Take a Break di Instagram

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini