Code Verify, Esktensi Browser Whatsapp Dirancang Lebih Aman untuk Chatting

0
38
Fitur Message Reaction WhatsApp
Foto: Unsplash/Christian Wiediger

Gadgetdiva.id — Code Verify merupakan ekstensi browser baru dari Meta yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan WhatsApp versi web. Browser ini telah diumumkan langsung oleh perusahaan.

Ekstensi Code Verify ini berfungsi dengan memverifikasi bahwa konten versi web WhatsApp belum dirusak. Tujuannya adalah untuk mempersulit calon hacker untuk mengkompromikan data atau privasi pesan end-to-end encription saat menggunakan versi layanan berbasis browser.

Code Verify

Code Verify ini mengikuti peluncuran beta multi-perangkat tahun lalu. Bertujuan untuk membuat penggunaan layanan pesan dari perangkat selain ponsel utamamu lebih mudah dan lancar. Sejak peluncuran fitur tersebut, WhatsApp mengatakan bahwa mereka telah melihat peningkatan oran yang mengakses layanannya melalui browser web.

Plus, menghadirkan tantangan keamanan baru dibandignkan dengan aplikasi. Tak ada yang terbaru dari metode keamanan yang mendukung Code Verify.

Pada akhirnya, itu hanya membandingkan hash dari kode yang berjalan di browser kamu, dengan hash yang dipegang oleh Cloudflare pihak ketiga yang terpercaya. Akan tetapi, nilainya adalah dalam menotomatisasi proses ini, yang memudahkan siapa saja untuk memahami dan menggunakan terlepas dari pengetahuan teknis mereka.

Code Verify

Setelah selesai diperiksa, ekstensi browser menggunakan sistem lampu lalu lintas untuk menunjukkan kepada kamu apakah ada masalah. Hijau berarti semuanya baik-baik saja, tetapi oranye menunjukkan kamu mungkin perlu menyegarkan halaman kamu atau kamu memiliki ekstensi browser yang mengganggu Code Verify. Merah berarti ada masalah, dan halaman bantuan WhatsApp menyatakan bahwa ekstensi ini dapat membantu pengguna menyelesaikannya.

Meta menyatakan ekstensi ini tak dapat membaca atau mengakses tidak dapat membaca atau mengakses pesan kamu, dan tidak ada data ini yang dikirim ke Cloudflare. Meta juga merilis kode sumber untuk Code Verify di GitHub, membuka pintu bagi situs web lain untuk menggunakan fitur keamanannya.

Ekstensi sekarang tersedia untuk Chrome dan Edge, serta Meta menyatakan bahwa versi Firefox akan segera hadir. Tidak disebutkan versi untuk Safari dalam siaran pers Meta, namun halaman GitHub-nya mencatat bahwa dukungan sedang dalam perjalanan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini