Dikritik Pengguna, Twitter Segera Hapus Tab Timeline

0
146
Fitur Edit Tweet
Foto: Unsplash/Claudio Schwarz

Gadgetdiva.id — Tab Timeline Twitter akhirnya dihapus setelah platform mendapat banyak keluhan dari pengguna pada Senin (14/3). Fitur tersebut diluncurkan ke platform pada hari Kamis (10/3) lalu.

Fitur Tab Timeline Twitter ini membuat tampilan timeline pada aplikasi Twitter terbagi dua. Nah, hal inilah yang membuat pengguna kerap mengkritik fitur tersebut.

Ohiya, sebelumnya fitur Tab Timeline Twitter ini hanya baru digunakan oleh pengguna iOS saja. Pengguna Android dan Web belum sempat merasakannya karena fitur ini telah di-take down kembali pada Senin (14/3) kemarin.

Platform Resmi Hapus Fitur Tab Timeline Twitter

Fitur Tab Timeline Twitter hadir bersamaan dengan pembaruan yang diluncurkannya pada Kamis pekan lalu untuk pengguna iOS. Fitur ini sebelumnya telah diuji coba dalam platform pada bulan November lalu.

Tab Timeline Twitter sendiri dibuat secara algoritmik. Yang mana memungkinkan Paradiva untuk beralih antara tab Home ke Timeline dengan tweets paling baru, yakni tab Timeline.

Saat Twitter meluncurkan secara resmi fitur tersebut, pengguna mengeluh bahwa mereka akan dipaksa masuk ke tab Home secara default setiap kali mereka membuka aplikasi. Di mana membuat mereka terpaksa melihat tweet dalam urutan kronologis sangat sulit.

Akhirnya, pada Senin (14/3) kemarin, aplikasi dengan logo burung biru tersebut menghapus secara resmi fitur Tab Timeline Twitter. Kemudian, mengubahnya menjadi tampilan lama yang lebih familiar bagi pengguna.

“Kami mendengar kamu — beberapa dari kamu selalau melihat Tweet terbaru terlebih dahulu,” ungkap Twitter dalam sebuah tweet resmi dari akun TwitterSupport yang diunggah pada Senin kemarin. Mereka juga menambahkan bahwa pihaknya telah mengganti kembali dan menghapus tab timeline Twitter sembari menjelajahi opsi lain sebagai pengganti.

Sebenarnya, kritik dari pengguna sudah dilayangkan kepada Twitter sejak platform tersebut melakukan percobaan untuk pertama kainya pada bulan November lalu. Banyak dari mereka mengatakan lebih menyukai tampilan Timeline yang sudah ada.

Menurut The Verge, melihat tweet yang tidak berurutan tersebut terasa membingungkan. Apalagi ketika ada berita terkini seperti invasi Rusia ke Ukraina. Lebih membingungkan lagi setelah tweet yang diunggah dalam waktu yang lebih lama alias basi diberi label “greatest” oleh Twitter.

Tab Timeline Twitter
Foto: Unsplash/Daddy Mohlala

“Pengembalian paksa yang konstan ke timeline beranda adalah keputusan terburuk Twitter selama ini,” cuit Newton dari The Verge. “Saya di sini untuk tweet terbaru, bukan tweet terhebat!”

VP of Consumer Product Twitter, Jay Sullivan dan Design Director Twitter, Anita Patwardhan Butler segera merespon cuitan tersebut. Mereka menyatakan, “memberi orang pilihan dan kontrol atas pengalaman Twitter mereka sangat penting. Saya akan mengerjakan ini,” ujar Jay.

“Ada sedikit hal yang membuat ini (tab timeline Twitter) lebih kompleks daripada yang terlihat, tetapi kami akan membahas dan berbagi opsi secara terbuka,” tutup Anita sekaligus menambahkan pernyataan Jay.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini