6 Fitur Ini Paling Ditunggu Oleh Warga Twitter

0
akun twitter yang diblokir

Gadgetdiva.id — 6 fitur Twitter ini paling dinantikan oleh pengguna. Yang paling kamu inginkan yang mana nih, Paradiva?

Kali ini, Gadgetdiva ingin membahas seputar 6 fitur Twitter yang paling dinantikan oleh pengguna. Mengingat beberapa waktu lalu, platfrom sempat diramaikan oleh tawaran Elon Musk yang ingin membelinya dan menjadikannya milik pribadi. Sekaligus, menghadirkan beberapa fitur yang memungkinkan untuk bebas berpendapat.

Salah satu fitur yang ingin ia hadirkan adalah fitur edit tweet. Yang mana akhirnya benar-benar diuji coba oleh Twitter ke dalam platformnya. Meski, platform burung biru tersebut mengaku tak ada terlibatan Elon Musk terkait percobaan yang sedang mereka lakukan tersebut.

Meski kita tak dapat memprediksi seperti apa jika Elon Musk berhasil memiliki platform tersebut, yang pasti kita sebenarnya membutuhkan banyak fitur Twitter lainnya. Guna memudahkan kita dalam memanfaatkan media sosial tersebut.

Lantas, kira-kira apa saja sih 6 fitur Twitter yang sebenarnya kita butuhkan dan malah sudah kita nantikan kehadirannya? Simak ulasannya ya, Paradiva.

Fitur Twitter

6 Fitur Twitter Paling Dinanti oleh Pengguna

Tombol edit

Fitur ini merupakan perubahan yang paling banyak dinanti oleh pengguna selama bertahun-tahun. Dimana memungkinkan kita untuk mengoreksi tweet jika ada kesalahan di dalamnya.

Setelah itu, menghapus dan memulai dari awal sebenarnya bukanlah jawaban. Di samping kita tidak dapat terus membiarkan tweet yang penuh dengan kesalahan ketik dan koreksi otomatis.

Di samping kita membutuhkannya untuk mengoreksi typo, ada kekhawatiran yang valid terkait memiliki tombol edit di Twitter. Beberapa pengguna dapat menyalahgunakan fitur tersebut untuk menyembunyikan atau mengubah seluruh makna tweet atau konteksnya.

Namun, kekhawatiran tersebut seharusnya tak menghalangi Twitter untuk menghadirkan fitur tersebut. Platform seharusnya dapat membuat fitur tersebut dengan menghadirkan beberapa batasan yang mana memungkinkan pengeditan lebih transparan dan jujur.

Fitur Twitter
Foto: Unsplash/Ravi Sharma

Kontrol atas sidebar What’s Happening yang lebih besar

Jika kamu menggunakan Twitter di desktop/web, sidebar What’s Happening merupakan bagian yang menyebalkan namun sebenarnya informatif. Sidebar ini dapat emmbantu kita mengikuti berita terbaru.

Namun, seringnya Twitter mengisi kolom tersebut dengan topik yang tidak perlu, menjengkelkan bahkan diulang berkali-kali. Termasuk juga nama selebiritis dan aktor favorit kamu.

Sayangnya, kita tidak dapat benar-benar menghapus sidebar tersebut. Kecuali, jika mengugnakan ekstensi browser. Melainkan, kamu hanya memiliki kontrol terbatas atasnya.

Kamu mungkin dapat menghapus beberapa topik dengan mengeklik ikon tiga titik kecil, namun tidak semua topik memilikinya. Serta, beberapa di antaranya nampak berakar di sisi layar kamu sepanjang hari meski tidak ada hubungannya dengan minatmu.

Oleh karena itu, fitur Twitter selanjutnya yang mesti dihadirkan adalah kemampuan untuk mengendalikan sidebar What’s Happening. Guna menyembunyikan topik membosankan dan menyebalkan

Bookmark yang dapat dicari dan cara untuk menyusunnya

Bagi Paradiva yang hobi menyimpan tweet lucu di bookmark, kamu pasti membutuhkan kemampuan untuk mencari tweet di bookmark. Nah, sayangnya kini platform tersebut belum menyediakan kemampuan tersebut.

Twitter sendiri nampaknya tak memiliki batasan jumlah tweet yang dapat kita bookmark. Sehingga, membuat kita kesulitan untuk mencarinya kembali saking banyaknya tweet yang kita simpan.

Fitur Twitter
Foto: Unsplash/Jeremy Bezanger

Oleh karena itu, nampak mengejamkan memang platform tersebut memberi kita tempat untuk menyimpan jumlah tweet yang sangat besar. Namun, tak menyediakan cara untuk mengatur atau mencarinya.

Twitter bisa menjadi tempat yang mengerikan, namun juga banyak sekali utas bermanfaat yang dibagikan oleh pengguannya. Berikut juga dengan komentar dan meme lucu. Hal tersebutlah yang membuat fitur bookmark bermanfaat untuk pengguna.

Seharunya, Twitter bisa menyediakan folder praktis supaya kita dapat menyimpan beragam tweet sesuai kategori dengan apik dan rapih. Sehingga, kita tak perlu lagi menggulir sampai akar untuk menemukan tweet yang kita cari.

Fungsionalitas mute word lebih baik

Mute word menjadi salah satu fitur Twitter penting dalam platform. Fitur tersebut berguna bagi kita untuk menikmati konten agar kita tidak terus menerus dibombardir denga hal-hal yang tak ingin kita lihat.

Fitur mute word ini memungkinkan kita untuk meredam beberapa keyword agar tweet yang mengandung kata tersebut tidak muncul di timeline kita. Misalnya spoiler drakor atau film yang sedang kita nantikan.

Konsep Twitter dalam menghadirkan fitur ini sebenarnya sudah bagus. Sayangnya, eksekusinya sering kali tidak sesuai dengan keinginan kita.

Fitur Twitter
Foto: Unsplash/Daddy Mohlala

Beberapa pengguna sering mengeluh terkait kata yang mereka bungkam tersebut kembali muncul di timeline mereka. Hal tersebut jelas meresahkan pengguna untuk menggulir dengan gembira hanya untuk kemudian menemukan materi pelajaran traumatis yang mereka pikir telah dibungkam.

Diharapkan ke depannya, fitur mute word Twitter ini lebih akurat dan efektif dalam pengerjannya. Mungkin juga bermanfaat jika Twitter dapat menyarankan kata-kata teriait yang dapat dibungkam bersama kata-kata yang telah kita pilih.

Dengan begitu, kamu tidak akan terjebak untuk melihat tweet yang tak diinginkan hanya karena kamu gagal membisukannya.

Kemampuan untuk archive tweet sendiri

Fitur Twitter lainnya yang seharusnya bisa dihadrikan oleh platform adalah kemampuan archive tweet. Yakni, menyembunyikannya dari profile kita, tanpa harus dihapus. Fungsinya mirip archive post mirip Instagram.

Keitka berbicara terkait tweet lama yang tidak diinginkan, kita tidak harus memilih antara menghapus tweet lama secara massal atau menyetel akun menjadi privet agar tidak sepenuhnya ditampilkan ke publik.

Kita harus memiliki kemampuan untuk mengkurasi posting mereka yang diterbitkan dan terkadang fitur tersebut berarti memungkinkan kita menyimpan tweet namun tidak mempublikasikannya lagi.

Cara mudah untuk mematikan retweet orang lain

Fitur twitter selanjutnya adalah mematikan retweet orang lain. Retweet sendiri merupakan cara yang bagus untk memberi sinyal pada tweet yang kamu sukai atau anggap penting. Namun, fitur ini juga bisa menganggu saat beberapa akun yang kita ikuti menyalahgunakannya.

Beberapa orang dan brand menjadi sedikit terlalu senang dengan fitur Retweet. Lalu, tiba-tiba feeds kamu hanya berisi sejuta retweet terkait subjek yang sama.

Fitur Twitter
Foto: Unsplash/Benjamin Dada

Ketika kamu memiliki followers yang terus menekan tombol retweet pada tweet yang tak kamu inginkan, inilah saatnya fitur mematikan retweet tersebut berfungsi Dengan begitu, kamu tidak perlu mute akun atau berhenti follow akun mereka.

Di samping, kamu juga tidak perlu terus-menerus terkena rentetan selera buruk mereka dalam tweet. Sementara, Twitter memungkinkan kamu unutk melakukan hal tersebut. Termasuk memaksa kamu untuk mengunjugi profil akun yang melanggar untuk melakukannya.

Nah, kalau Paradiva sendiri paling menunggu fitur Twitter yang mana lagi nih?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini