Tips Melakukan Afirmasi untuk Motivasi Diri ala Jenny Jusuf

0
45
Tips Melakukan Afirmasi
Foto: Instagram/@jennyjusuf

Gadgetdiva.id — Selain menggelar talkshow, BincangShopee Big Ramadan Sale juga turut membagikan tips melakukan afirmasi untuk motivasi diri ala Jenny Jusuf. Simak ulasannya ya, Paradiva.

Jenny Jusuf salah satu pembicara dalam BincangShopee Big Ramadan sale membagikan tips melakukan afirmasi untuk motivasi diri. Sekaligus, memipin workshop “Tuliskan Afirmasi untuk Motivasi Diri”.

Nah, sebelum membahas tips melakukan afrimasi untuk motivasi diri dari Jenny Jusuf, kita perlu mengetahui terlebih dahulu seputar afirmasi. Afirmasi adalah sebuah pernyataan dalam bentuk kalimat positif yang dapat membantu kita mengatasi pikiran dan kepercayaan yang cenderung negatif. Jika dilakukan secara terus menerus dan berulang, afirmasi dipercayai akan membantu diri untuk memulai perubahan yang positif dalam hidup.

Tips Melakukan Afirmasi untuk Motivasi Diri ala Jenny Jusuf

Pilihlah sebuah pikiran, emosi, atau kepercayaan negatif yang dimiliki tentang diri sendiri maupun situasi yang sedang dihadapi. 

Semua orang pasti pernah memiliki pikiran atau perasaan negatif tentang diri sendiri, tidak hanya berdampak pada kondisi mental dan emosional, perasaan negatif yang berlebihan juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Maka itu, penting sekali bagi kita untuk selalu berupaya mengatasi perasaan negatif yang kita miliki. Di langkah pertama dalam menulis afirmasi untuk diri sendiri ini, kamu bisa memilih perasaan negatif yang sedang kamu rasakan atau telah terpendam untuk dijadikan dasar dari kata-kata afirmasi yang akan kamu buat. 

Tips Melakukan Afirmasi

Tuliskan sebuah kalimat berisi afirmasi positif dengan ketentuan sebagai berikut:

Tips melakukan afirmasi selanjutnya adalah mulai kalimatmu dengan kata “Saya…” atau, “Aku…”. Agar semakin personal dan mudah untuk diucapkan, kamu juga dapat menyesuaikan bahasa yang kamu gunakan dengan bahasa asal daerah mu, ya!

Karena bertujuan sebagai motivasi diri, pastikan kalimat yang kamu tulis hanya mengandung hal-hal yang positif. Hindari kata-kata yang berkonotasi negatif, seperti, “Tidak bisa,” “Tidak akan,” “Tidak yakin,” dan sebagainya.

Setelah selesai menulis, visualisasikan dan ucapkan kalimat afirmasi mu Agar hasilnya lebih maksimal, kamu dapat membaca afirmasi yang telah kamu buat di depan cermin atau kamera ponsel. Tujuan dari langkah ini adalah agar kamu dapat seolah-olah berdialog langsung dengan diri sendiri, sehingga afirmasi yang diucapkan pun dapat diterima dengan lebih baik.

Ulangi afirmasi yang sama sebanyak dua kali sehari, pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari menjelang tidur

Apabila dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan, afirmasi akan berfungsi seperti ‘olahraga dan gaya hidup sehat’ bagi pikiran dan perspektif kita. Perlahan namun pasti, pola pikir akan mengalami perubahan positif sehingga membuat kita dapat berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Langkah-langkah ini diharapkan dapat membantu merancang pernyataan positif dan menanggulangi pemikiran, kepercayaan, maupun kebiasaan negatif yang mengganggu. Jangan lupa, metode ini juga dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhanmu ya! 

Jangan lupa, kalimat yang kamu tulis adalah pikiran, emosi, maupun kepercayaan yang sifatnya realistis dan dapat terwujud, hindari hal-hal yang berada di luar kapasitasmu atau bersifat fantasi. Contohnya, seperti “Aku yakin bisa melalui ini, walau akan terasa sulit, aku akan coba perlahan, terima kasih untuk diriku sudah kuat sampai saat ini.”

BincangShopee Big Ramadan Sale: Ekspresikan Diri Melalui Kreasi

BincangShopee Big Ramadan Sale digelar secara online pada Senin (18/4) kemarin. Acara tersebut mengangkat tema Ekspresikan Diri Melalui Kreasi.

Dalam acara BincangShopee Big Ramadan Sale: Ekspresikan Diri Melalui Kreasi yaitu Marchella FP, Creativepreneur & Author; Jenny Jusuf, Scriptwriter & Content Creator; dan Tania Ray Mina, Co-Founder & Creative Director ZaskiaMecca. Acara BincangShopee kali ini memanfaatkan momen bulan Ramadan yang lekat dengan terbukanya lembar baru bagi kehidupan masyarakat, khususnya perempuan Indonesia yang ingin memperbaiki diri agar dapat menjadi versi terbaiknya melalui karya dan kreasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini