Paket Langganan Netflix Akan Lebih Murah, Tapi Ada Iklan

0
Berhenti Langganan Netflix

Gadgetdiva.id — Platform streaming video Netflix sedang mempertimbangkan untuk memberi paket langganan lebih murah kepada pengguna, namun menyertakan iklan di dalamnya. Mereka akan melakukan uji coba terkait fitur paket langganan Netflix tersebut kepada beberapa pengguna di Chili, Costa Rica dan Peru.

Uji coba paket langganan Netflix yang lebih murah ini bersamaan dengan pernyataan Reed Hasting, CEO Netflix terkait investor dan analis. Dirinya menyatakan bahwa Netflix akan terbuka untuk mengeksplorasi potensi rencana menonton berbasis iklan yang akan lebih murah bagi pengguna untuk berlangganan.

Paket langganan Netflix ini merupakan upaya mereka agar layanan Netflix dapat menjangkau lebih banyak pengguna. Pernyataan tersebut diluncurkan setelah Netflix mencatat kerugian dalam basis pelangan untuk pertama kalinya selama lebih dari satu dekade.

Paket Langganan Netflix

Dimana platform tersebut dikabarkan kehilangan lebih dari 200 ribu pengguna setelah lebih dari satu dekade. Laporan ini diungkap Netflix berdasarkan pendapatannya pada kuartal pertama 2022.

Hastings sendiri menyatakan kepada para analis bahwa pasar saat ini telah membuat perusahaan memikirkan kembali strateginya dan bagaimana ia banyak orang menggunakan platformnya. Meski, ia sendiri tidak lebih menyukai kompleksitas iklan daripada kesederhanaan berlangganan.

Namun, ia juga menyadari bahwa Netflix telah menjangkau sejumlah besar rumah tanggan dalam audiens targetnya. Di samping, platform harus membuat beberapa perubahan agar bisa terus mengembangkan Netflix.

Netflix sendiri mempertimbangkan untuk menghadirkan paket langganan Netflix yang lebih murah dan didukung oleh layanan iklan. Hal ini dilakukan agar audiensnya bisa melampaui batas saat ini.

Paket Langganan Netflix

Namun, rencana tersebut belum siap. Hestings sendiri menyatakan bahwa butuh waktu hingga dua tahun untuk mewujudkannya.

Mereka masih harus mempertimbangkan apakah pengguna akan tertarik menonton iklan setelah membayar biaya berlangganan. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah seberapa mengganggu iklan untuk para pengguna Netflix.

Platform uji coba paket langganan Netflix lebih murah lewat dua fitur ini

Netflix dikabarkan mengalami penurunan pelanggan sebanyak 200 ribu orang. Harga saham mereka dikabarkan anjlok drastis hingga 35%. Hal ini membuat kapitalisasi pasar Netflix menurun hingga USD 50 miliar atau lebih dari Rp 700 triilun.

Mencari solusi untuk masalah ini, perusahaan mempertimbangkan untuk memberi paket langganan Netflix yang lebih murah ini sedang diuji coba oleh beberapa pengguna di Chili, Costa Rica dan Peru. Paket langganan lebih murah tersebut akan hadir dalam uda fitur.

Paket Langganan Netflix
Foto: Twitter.com/@purraow

Fitut tersebut adalah Extra Member dan Profile Transfer. Dimana mereka akan memberi biaya yang bervairasi berdasarkan sejumlah faktor, namun Netflix menyatakan fitur tersebut dapat ditambahkan untuk “sebagian kecil dari harga paket dasar”.

Dengan fitur Extra Members, pelanggan paket standar dan premium Netflix dapat menambahkan akun hingga dua orang yang tidak tinggal bersama mereka. Anggota “extra” ini akan memiliki akses penuh ke akun Netflix utama dan memiliki profil serta login untuk mereka sendiri.

Paket Langganan Netflix
BRIDGERTON (L to R) REGƒ-JEAN PAGE as SIMON BASSET and PHOEBE DYNEVOR as DAPHNE BRIDGERTON in episode 102 of BRIDGERTON Cr. LIAM DANIEL/NETFLIX © 2020

Keanggotaan ekstra sendiri tidak akan dihitung dalam jumlah pelanggan berbayar Netlfix secara keseluruhan. Jadi, jika kamu memilii seseorang dalam akun Netflix yang tidak tinggal di rumahmu, kamu dapat membayar ekstra untuk akses mereka.

Opsi “Profile Transfer” sendiri memungkinkan pelanggan dengan tingkat harga berapa pun untuk mentransfer informasi profil mereka. Yakni, history penayangan mereka ke akun berbayar yang baru.

Kedua fitur tersebut saat ini sedang diuji oleh Chili, Costa Rica dan Peru. Netflix sendiri biasanya menguji fitur baru di pasar yang lebih kecil sebelum diluncurkan dalam skala yang lebih besar.

Beberapa bulan lalu, Netflix sendiri menyatakan bahwa mereka akan menambah biaya untuk pengguna yang melakukan sharing akun. Perusahaan tersebut sempat dikabarkan sedang mempertimbangkan sistem baru yang akan menagihmu jika ketahuan sharing akun dan berbagi passwor di Netlfix.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini