Elon Musk Akhirnya Resmi Beli Twitter Senilai USD 44 Miliar

0
49
Elon Musk

Gadgetdiva.id — Setelah hampir satu bulan warga Twitter dihebohkan dengan wara-wiri keinginan Elon Musk beli Twitter, kini pengusaha tersebut berhasil mendapatkan keinginannya. Kedua pihak berhasil menemui persetujuan hingga Twitter siap dibeli.

Elon Musk beli Twitter senilai USD 44 miliar alias Rp 600 triliun-an. Nilai ini naik dari sejumlah yang sebelumnya dikabarkan, yakni Rp 618 triliun. Berita ini disampaikan langsung oleh Twitter melalui siaran pers pada Selasa (26/4) dini hari waktu Indonesia.

Elon Musk Beli Twitter

Pengusaha pemilik SpaceX ini dikabarkan telah membuat tawaran yang tidak diminta untuk membeli perusahaan awal bulan ini. Namun, permintaan Elon Musk beli Twitter ini awalnya diperkirakan tak akan diindahkan oleh perusahaan tersebut.

Kini, perusahaan dilaporkan menyambut gagasan Elon Musk beli Twitter dengan baik. Musk sendiri mengungkapkan rencana pembiayaan untuk tawaran tersebut, termasuk dukungan dari bank investasi Morgan Stanley.

Elon sendiri dikabarakan akan membayar pemegang saham sebanyak USD 54,20 per saham. Mewakili 38% premium pada harga penutupan saham Twitter pada 1 April, ketika maestro teknologi tersebut mengungkapkan 9% saham di perusahaan. Elon tersebut adalah salah satu pemegang saham terbesar Twitter.

Elon Musk Beli Twitter

CEO Twitter konfirmasi kebenaran berita

Persetujuan terkait Elon Musk beli Twitter ini dikonfirmasi oleh Parag Agrawal pada akun Twitternya. CEO Twitter tersebut sebelumnya tak pernah memberi pernyataaan terkait wara-wiri antara Twitter dan Elon Musk selama satu bulan ini.

Kini, dirinya ikut angkat bicara terkait upaya pengambilalihan Elon. Menurutnya, Twitter memiliki tujuan dan relevansi yang berdampak pada seluruh dunia.

Elon Musk Beli Twitter

“Sangat bangga dnegan tim kami dan terinpsirasi oleh pekerjaan tidak pernah lebih penting,” tambahnya.

Bret Taylor, ketua dewan Twitter, mengindikasikan pembiayaan Elon Musk yang dijamin untuk kesepakatan tersebut pada akhirnya membantu mempengaruhi pendapat direktur.

“Kami percaya (keputusan) ini adalah jalan terbaik untuk para pemegang saham Twitter,” ujar Bret Taylor.

Alasan Elon Musk Beli Twitter

Keinginan Elon Musk beli Twitter salah satunya didasari dari keaktifannya dalam menggunakan platform tersebut. Dirinya memang gemar berkicau.

Elon Musk yang kini memilki 83 juta followers, merupakan salah satu warga Twitter yang rajin mengemukakan kritknya. Salah satunya adalah dengan mengajukan pernyataan terkait bagaimana Twitter memoderasi konten.

Elon Musk Beli Twitter

Dirinya bahkan berulang kali melakukan polling kepada followersnya tentang perubahan yang dapat dilakukan dalam perusahaan. Menurut Elon, kebebesan berbicara alias free speech merupakan landasan demokrasi yang berfungsi.

“Saya juga ingin membuat Twitter lebih baik dari sebelumnya dengan meningkatkan produk dengan fitur baru, membuat algoritme opsen source untuk menignkatkan keparcayaan, mengalahkan bot spam dan mengautentikasi semua manusia,” ujar Elon.

Twitter, lanjut Elon, memiliki potensi luar biasa. Dirinya berhapar dapat bekerja sama dengan perusahan dan komunitas pengguna untuk membukanya. Elon juga telah menyarakan platform untuk memerangi penipuan cryptocurrency, membuka algoritmanya dan merilis fitur pengeditan tweet. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini