Cara Hapus Informasi Pribadi di Google Search

0
71
Cara Hapus Informasi Pribadi di Google Search

Gadgetdiva.id — Google memberikan kita kemudahan tentang cara hapus informasi pribadi di Google Search. Hal ini tertuang dalam kebijakan baru Google, yang sejalan dengan aturan Right to be Forgotten yang sangat didukung pemerintah Eropa.

Selama ini, apapun yang ada di Google akan sulit untuk dihapus. Informasi pribadi, salah satunya, merupakan hal yang tidak bisa di take down saat sudah tersimpan, apalagi terpampang nyata di hasil pencarian Google. Pasalnya, tidak ada cara hapur informasi pribadi di Google Search.

Namun saat aturan Right to be Forgotten berlaku di Eropa, warga dunia pun bisa meminta tolong kepada Google untuk menghapus informasi yang tidak diinginkan, yang selama ini tersimpan di Google. Cara hapus informasi pribadi di Google Search awalnya hanya terbatas, misalnya untuk menghapus foto atau gambar yang tidak diinginkan.

Cara Hapus Informasi Pribadi di Google Search

Kini, Google memperluas batasan permintaan penghapusan informasi pribadi yang sudah tersimpan di Google Search. Kita bisa meminta Google untuk menghapus informasi pribadi milik kita, atau milik orang lain. Tidak hanya foto dan gambar tapi juga nomor ponsel, alamat email, sampai alamat rumah yang sudah terlanjur terpampang di Google Search.

Google menyebut langkah ini diharapkan bisa membantu agar tidak ada lagi korban doxxing, yang kerap digunakan oknum untuk mengekspos informasi orang lain tanpa izin dan kerap membahayakan kehidupan mereka.

Lalu bagaimana cara hapus informasi pribadi di Google Search?

Pertama, tentukan dahulu, informasi pribadi apa saja milik kamu atau orang lain yang ingin dihapus di Google Search. Google menyebut informasi pribadi yang bisa mereka hapus adalah nomor identitas, baik KK maupun NIK, nomor rekening bank, gambar KTP, informasi kontak seperti nomor telepon dan email.

Jika sudah ditentukan, akses formulir Google’s Search Result Removal di sini. Lalu klik Remove Information you see in Google Search, lalu klik Google Search results and on a website. Kemudian Google akan memberikan panduan jika ingin menghubungi host situs web. Tetapi jika tidak, kita bisa memilih ‘Tidak, saya memilih untuk tidak menghubungi host situs web dan lanjutkan dengan formulir’.

Di langkah berikutnya, Google akan menanyakan hasil pencarian mana yang ingin dihapus. Kita harus memilih Info pribadi, seperti nomor ID dan dokumen pribadi, lalu pilih jenis informasi pribadi yang ingin dihapus, seperti informasi kontak, dokumen medis pribadi, atau dokumen identitas pemerintah lainnya. Dari sini, kita harus mengisi formulir dengan informasi yang sesuai, termasuk nama lengkap, negara tempat tinggal, alamat email kontak, dan daftar alamat web informasi pribadi Anda berada. Anda dapat mengambil alamat web hasil pencarian yang melanggar dari bilah alamat browser Anda.

cara hapus informasi pribadi di google search

Pertanyaan terakhir pada formulir ini adalah apakah informasi pribadi Anda berkaitan dengan doxxing, yang ditanyakan oleh Google apakah informasi tersebut “dibagikan dengan niat jahat, mengancam, atau melecehkan.” Jika demikian, pilih Ya.

Ingat! Kita harus memberikan semua alamat web tempat munculnya informasi pribadi yang ingin dihapus. Itu bisa berarti alamat web, laman web dan alamat web hasil penelusuran Google. Kita mungkin juga harus mengambil dan mengirimkan screenshot hasil penelusuran untuk membantu Google mempersempit permintaan. Kita bisa mengirimkan hingga 1.000 alamat web sekaligus.

Jika sudah selesai, beri centang pada kotak di bagian paling bawah form tersebut.

Menurut Techcrunch, langkah permintaan penghapusan informasi pribadi ini tidak selalu menjadi obat mujarab. Google tidak akan langsung menghilangkan informasi begitu saja tapi kemungkinan akan mempersulit orang lain untuk mencari informasi tentang diri kita.

“Google akan mengevaluasi semua permintaan penghapusan informasi yang diterima, termasuk konten yang akan dihapus. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada informasi penting lainnya yang ikut terhapus, terutama artikel berita. Data yang masuk dalam kategori informasi publik seperti tuntutan pengadilan atau informasi dari situs web pemerintah, tidak akan dihapus dari hasil pencarian,” jelas Google.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini