Selebgram Bakar Hutan Demi Konten TikTok yang Estetik

0
59
selebgram bakar hutan
Humaira Asghar, selebgram asal Pakistan

Gadgetdiva.id — Seorang selebgram bakar hutan dan dicurigai sebagai penyebab kebakaran hutan usai memposting sebuah video di TikTok. Saat ini, selebgram tersebut pun sudah dicokok polisi untuk dimintai keterangan.

Selebgram penyebab kebakarab hutan itu adalah seorang wanita asal Pakistan bernama Humaira Asghar. Dia memiliki akun TikTok yang dikenal dengan nama Dolly. Followernya sudah mencapai 11,5 juta orang di platform tersebut.

Dalam video selebgram bakar hutan tersebut, dia berpose menggunakan gaun panjang, berjalan dan menari dengan latar api di wilayah bernama Margalla Hills di Pakistan. Area tersebut merupakan bagian dari kaki bukit Himalaya.

selebgram bakar hutan
Humaira Asghar, selebgram Pakistan

“Api muncul dimana pun saya berada,” tulis caption dalam video yang saat ini sudah dihapus.

Kepolisian Islamabad pun langsung bertindak terkait selebgram bakar hutan demi TikTok. Mereka menyelidiki apakah video tersebut berakibat fatal dan menyalahi undang-undang perlindungan alam dan satwa liar di Pakistan.

“Wilayah tersebut merupakan bagian dari Taman Nasional Margalla Hills. Kami kerap mendapati adanya insiden kebakaran hutan yang merusak ekosistem,” seperti dikutip The News.

Asghar sendiri langsung mengklarifikasi terkait isu tersebut. Dia membantah telah menyulut api kebakaran hutan. Apalagi, kata dia, tidak ada kerusakan atau kejadian yang merugikan saat dia membuat video tersebut.

Video TikTok Selebgram Bakar Hutan

Dalam sebuah postingan video, Asghar mengungkap alasannya. Dia menyebut jika seorang pria telah membakar sebagian kecil hutan tersebut untuk mengusir ular yang bersembunyi. Jika tidak diusir, ular tersebut diyakini akan membahayakan anak-anak dan penduduk setempat.

Seolah tak ingin memberi ampun, netizen masih saja menghujaninya dengan kritikan terkait video yang telah dihapusnya tersebut. Netizen menyebut Asghar tidak memiliki empati dan tak peduli dengan masalah lingkungan yang saat ini terjadi. Apalagi dikaitkan dengan perubahan iklim yang diyakini menjadi penyebab cuaca panas di India dan Pakistan yang bertetangga.

“Kamu tahu kenapa cuaca di Pakistan sangat panas belakangan ini? Kita cuma punya waktu 9 tahun dari sekarang untuk menanggulangi perubahan iklim, jika tidak maka cuaca di bumi tidak akan pernah sama lagi,” ujar salah satu netizen.

Kabarnya, Asghar merupakan orang kedua yang diduga menjadi penyebab kebakaran hutan. Sebelumnya pernah juga ada selebgram yang tega membakar sebagian hutan hanya demi background estetik untuk video TikTok.

“Ini merupakan tren yang sangat mengganggu dan membahayakan di TikTok, khususnya saat negara sedang dilanda cuaca panas dan kering,” tulis aktivis lingkungan di Pakistan, Rina Saeed Khan Satti.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini