Sony Sebut Tak Lama Lagi Kamera Smartphone Bakal Kalahkan DSLR

0
109
kamera smartphone
Galaxy Movie Studio 2022 BTS Web Series - Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

Gadgetdiva.id — Perusahaan sekelas Sony akhirnya mengakui jika kamera smartphone akan bisa mengalahkan kualitas DSLR dalam beberapa tahun ke depan. Kualitas kamera di ponsel kini semakin baik karena teknologi yang digunakan pun makin kekinian.

Dilansir melalui TechSpot, Senin, 6 Juni 2022, hal ini diungkap oleh Presiden dan CEO Sony Semiconductor Solutions (SSS), Terushi Shimizu. Menurutnya, Sony percaya jika kualitas kamera ponsel tidak akan butuh waktu lama untuk mengalahkan digital single-lens reflex (DSLR). Bahkan dalam waktu beberapa tahun ke depan.

kamera smartphone

“Kombinasi aperture besar dan teknologi sensor gambar yang meningkat pesat akan menjadi faktor bagi kamera smartphone untuk mencapai ke arah sana,” kata Terushi.

Kamera Smartphone Vs DSLR

Laporan Nikkei juga menyebutkan jika setidaknya ada dua hal yang bisa membuat kualitas gambar di smartphone lebih tajam ketimbang DSLR, yakni teknologi piksel transistor dua lapis dan pemrosesan berbasis AI. Keduanya dianggap dua kali lebih efektif memberikan paparan cahaya dalam tiap piksel yang ada.

kamera smartphone

Sony memang telah mengumumkan teknologi piksel transistor dua lapis tahun lalu. Sensor gambar CMOS tradisional menampung fotodioda dan transistor piksel pada substrat yang sama, tetapi teknologi baru Sony memisahkannya pada lapisan substrat yang berbeda.

“Intinya, menggandakan tingkat sinyal saturasi, memperluas jangkauan dinamis dan mengurangi noise , yang semuanya menghasilkan peningkatan kualitas gambar,” jelas pihak Sony.

Namun beberapa sumber menyebut jika kamera smartphone dan kamera digital telah bergerak ke arah yang berlawanan. Kini, kualitas kamera smartphone terus meningkat sehingga semakin banyak orang meninggalkan DSLR saat bepergian atau tidak membelinya sama sekali.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini