Microsoft Teams Hadirkan Fitur Anti Gema Gunakan AI

0
Microsoft Teams

Gadgetdiva.id — Microsoft Teams hadirkan beberapa fitur terbaru untuk pengingkatan kualitas video dan audio calls-nya. Termasuk menyisipkan AI dan beberapa fitur yang mengatur gema.

Fitur anti gema alias echo cancellation yang dihadirkan oleh Microsoft Teams ini merupakan fitur yang ditunggu. Fitur ini hadir sebagai solusi dari masalah yang cukup terkait di mana suara dapat berputar antara perangkat output dan input pada PC. Masalah ini dapat menyebabkan efek gema saat suara diputar berulang-ulang.

Dengan menggunakan kecerdasan buatan alias AI (Artificial Intelligence), platform Microsoft Teams dapat mendeteksi perbedaan antara suaramu dan suara dari speakaer. Sekaligus, menghilangkan gema tanpa mendistorsi suaramu.

Ada juga fitur De-reverberation yang dihadirkan oleh platfrom. Fitur tersebut berfungsi untuk membantu skenario tertentu di mana akustik ruanganmu dapat menyebabkan suara terdengar dangkal. Terutama saat suaramu jauh dari mikrofon.

Microsoft Teams

Microsoft Teams Gunakan AI untuk Hadirkan Fitur Anti Gema

Dalam skenario tersebut, Microsoft Teams dapat menggunakan model pembelajaran mesin untuk mengambil audio dan membuatnya jauh lebih jelas. Seolah-olah kamu dapat berbicara melalui mikrofon dengan jarak dekat.

Fitur penting lainnya adalah interruptibility yang berarti akan berfungsi untuk situasi di mana kamu tidak menggunakan headset. Sehingga, suara panggilan yang masuk akan muncul melalui speaker-mu.

Dengan video call yang memungkinkan audio dua arah, sulit bagi komputer untuk menangkap apa yang kamu katakan tanpa juga menangkap suara orang yang berbicara. Hal ini jugalah yang akan menghambat kamu untuk mendengar apa yang sedang dikatakan mereka, terutama ketika kamu mencoba menyela orang yang berbicara.

Oleh karena itu, Paradiva mungkin menggunakan headset saat melakukan panggilan. Kini, Microsoft telah melatih model AI dengan 30.000 jam sampel ucapan agar dapat menyaring suara yang tidak diinginkan.

Sehingga, audio semua orang dapat terdengar dengan jelas. Bahkan, saat mereka berbicara pada saat yang sama.

Hal ini nampaknya menjadi satu-satunya fitur yang benar-benar baru hari ini. Namun, Microsoft juga menyoroti beberapa kemampuan lain yang telah diluncurkan baru-baru ini. Misalnya, Microsoft Teams sudah mendukung peredam bising latar belakang selama panggilan sehingga orang lain tidak perlu terganggu oleh apa yang terjadi di sekitarmu.

Microsoft Teams juga memiliki pengoptimalan berbasis AI untuk panggilan video. Seperti pengoptimalan khusus konten yang membuat video lebih halus atau lebih tajam tergantung pada konten yang ditampilkan. Misalnya adalah dokumen atau papan tulis mungkin perlu lebih tajam untuk meningkatkan keterbacaan.

Sementara, feeds video seseorang harus lebih halus. Microsoft juga baru-baru ini meluncurkan penyesuaian pencahayaan pada Teams yang didukung oleh AI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini