Microsoft Pensiunkan Internet Explorer

0
17
Internet Explorer

Gadgetdiva.id — Microsoft dikabarkan telah “pensiunkan” browser kenamaannya, Internet Explorer dan mengalih fungsikannya ke Microsoft Edge. Artinya, browser tersebut sudah tak lagi dapat digunakan.

Pemberhentian Internet Explorer tersebut telah dilakukan sejak Rabu  (15/6) lalu. Semua pengguna yang masih membuka browser tersebut akan dipindahkan ke Microsoft Edge sebagai gantinya.

Akan ada prompt dan redirect pada Internet Explorer yang mengarahkan pengguna ke Microsoft Edge. Yang mana menjadi langkah pertama Microsoft untuk menghapus Internet Explorer dari PC yang ada.

Microsoft sendiri berencana untuk mengeluarkan pembauran yang akan menonaktifkan browser tua tersebut di masa mendatang. Ini artinya, Internet Explorer akan dihapus secara permanen.

“Pada akhirnya, Internet Explorer akan dinonaktifkan secara permanen sebagai bagian dari Pembaruan Windows di masa mendatang, di mana ikon Internet Explorer pada perangkat mereka akan dihapus,” jelas Sean Lyndersay, manajer umum Microsoft Edge yang dikutip dari The Verge pada Rabu.

Internet Explorer

Penghapusan Internet Explorer dilakukan secara bertahap

Proses pengalihan dari Internet Explorer ke Microsoft Edge ini akan turut membawa data seperti password, favorites dan pengaturan dari Internet Explorer. Termasuk juga opsi “reload in IE mode” yang akan ditampilkan pada toolbar untuk mudahkan akses mode khusus yang telah dibangun Microsoft ke dalam Edge.

Mode IE telah mendukung kontrol ActiveX lama yang masih digunakan banyak situs lawas. Lebih lanjut, semua versi Windows 10 Home, Pro, Enterprise, Education dan IoT yang saat ini didukung akan terpengaruh oleh penghentian Internet Explorer.

Internet Explorer

Windows 11 sudah memiliki pembaruan tanpa Internet Explorer. Meski Sean menyatakan bahwa browser tersebut tidak akan segera dihapus melainkan secara bertahap dialihkan ke Microsoft Edge pada semua perangkat dalam beberapa bulan ke depan.

Meskipun begitu, ada pengecualian bagi Windows versi tertentu yang saat ini didukung dan digunakan dalam lingkungan kritis, Microsoft akan terus mendukung Internet Explorer pada versi tersebut hingga nantinya tak lagi dapat didukung.

internet explorer

“Ini termasuk semua rilis Windows 10 LTSC yang saat ini didukung (termasuk IoT) dan semua versi Windows Server serta Windows 10 China Government Edition, Windows 8.1 dan Windows 7 dengan Extended Security Updates,” tambah Lyndersay.

Versi mendatang dari edisi Windows tersebut tak akan menyertakan Internet Explorer dan platform MSHTML (Trident) yang mendasari serta kontrol COM pada Windows dan akan terus didukung semua platform Windows. Microsoft juga berencana untuk dukung mode IE di Microsoft Edge setidaknya hingga 2029 mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini