Youtube Shorts Berhasil Tembus Lebih dari 1,5 Miliar Penonton Per Bulan

0
Go Live Together

Gadgetdiva.id — Youtube Shorts dikabarkan berhasil tembus lebih dari 1,5 miliar penonton per bulan. Kabar tersebut disampaikan pada Rabu (15/6) lalu.

Menurut laporan dari Youtube, jumlah 1,5 miliar tersebut merupakan pengguna yang masuk ke akun Youtube-nya. Lalu, menonton video pada Youtube Shorts.

Jumlah tersebut dapat dibandingkan dengan sekitar 2 miliar pengguna yang log-in dan mengunjungi platform Youtube setiap bulan pada bulan April.

Youtube Shorts sendiri telah diluncurkan sejak 2020 lalu yang mana merupakan sebuah platform kloningan TikTok besutan Youtube. Sejak itu, Shorts sendiri secara bertahap berkembang sejalan dengan perusahaan yang terus menambahkan fitur mirip TikTok.

Hingga akhirnya, pada April lalu, Youtube Shorts berhasil mengumpulkan 30 penonton selama sehari. Laporan tersebut didapatkan dari Google.

“Ekspansi ini telah meluncurkan tren baru di platform: ‘the rise of the multiformat creator'”, tulis Youtube yang dikutip dari The Verge pada Rabu.

youtube shorts
Foto: Unsplash/Christian Wiediger

Youtube Tawarkan Gaji untuk Kreator Youtube Shorts

Youtube Shorts

Youtube sendiri dikabarkan telah menawarkan pembayaran kepada para kreator konten guna permanis kesepakatan dan menarik mereka menjauh dari platform lain. Tahun lalu, perusahaan meluncurkan dana untuk Youtube Shorts sebanyak 100 juta dollar AS atau sekitar 1,4 miliar rupiah.

Youtube Shorts

Dana tersebut dibagikan untuk para kreator sehingga mereka bisa mendapatkan 10.000 per bulan jika konten yang mereka buat viral pada platform. Jumlah pembayaran pun bervariasi sesuai dengan keterlibatan dan audiensnya berada.

Dibanding dengan platform lain seperti TikTok, Youtube biasanya dianggap sebagai tempat dimana pembuat konten dapat menghasilkan lebih banyak uang dari konten mereka berkat program bagi hasil iklan. Lebih dari 1,5 miliar audiens Shorts yang login menawarkan peluang kepada pengiklan untuk menayangkan lebih banyak iklan bertarget sekarang karena Shorts menjadi lebih mapan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini