Instagram Bakal Makin Menghibur Gara-gara Ini

0

Gadgetdiva.id — Pandemi memaksa komika yang sudah eksis di dunia hiburan untuk berinovasi dan bertransformasi menjadi konten kreator. Dunia digital mampu memangkas jarak performer (komika) dengan para penikmat karyanya. Tidak bisa dipungkiri pandemi melahirkan para kreator jenius di bidang komedi.

Hal ini disampaikan komika Indonesia, David Nurbianto yang menjadi juri Stand Up Comedy Indonesia tahun ke-10 (SUCI X). Oleh karena itu, dia menyambut baik saat Instagram mau menggandeng dan meriahkan ajang SUCI X yang saat ini sedang dalam tahap audisi.

Menurut David, adanya audisi SUCI X via Reels membuka peluang masuknya konten kreator komedi ke ranah yang lebih spesifik yaitu seni Stand Up Comedy, yang memang telah melahirkan banyak komika hebat, komika yang sanggup mengisi segala lini dunia hiburan tanah air.

Instagram
David Nurbianto (Foto: Tribun News)

“Semua berpeluang jadi bintang. Hanya dengan 90 detik Reels Instagram mampu mengubah hidupmu,” ujar David, dalam keterangan Instagram, Kamis, 23 Juni 2022.

Instagram sendiri saat ini sedang menggalakkan program edukasi untuk para kreator komedi di Indonesia. Program bertajuk #TawaDiReels ini diformulasikan untuk menemukan dan mengangkat talenta-talenta komedi baru dari seluruh Indonesia, serta membantu mereka menggapai audiens yang lebih besar lewat fitur Reels di Instagram.

Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Konten Hiburan untuk Meta di Indonesia mengatakan bahwa Reels telah menjadi tempat favorit masyarakat Indonesia untuk menemukan konten-konten yang kreatif, orisinil, dan menghibur. Sejak diluncurkan di Indonesia tahun lalu, Meta melihat Reels mendorong munculnya komedian-komedian muda yang lihai dalam memanfaatkan format video pendek di Instagram untuk menyajikan kisah-kisah jenaka yang dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia.

“Kami berharap, program ini dan kerja sama kami dengan SUCI X bisa mengangkat lebih banyak lagi talenta dari seluruh pelosok Indonesia,” katanya.

Menurut Revie, kreator adalah bagian penting dalam ekosistem Instagram. CEO Meta Platform, Inc., Mark Zuckerberg, pada akhir tahun lalu mengumumkan bahwa Meta akan berinvestasi hingga lebih dari US$ 1 miliar untuk para kreator di seluruh dunia. Investasi ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada kreator, serta upaya membangun platform terbaik bagi jutaan kreator dalam memperoleh kesuksesan jangka panjang.

instagram

Fina Merliane, Executive Producer SUCI X KompasTV mengatakan, Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) merupakan pelopor ajang kompetisi stand-up comedy di Indonesia yang sudah melahirkan banyak komedian ternama. Tak hanya itu, SUCI juga menjadi tolak ukur pencapaian karier tertinggi bagi para stand-up comedian di Indonesia. Tahun 2022 merupakan momen bersejarah di mana SUCI tepat menginjak usia 1 dekade.

“Di musim ke-10 ini, kami ingin membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia untuk menunjukkan kemampuan stand-upnya. Kami percaya masih banyak representasi komika dari pelosok nusantara yang belum dapat menunjukkan bakat istimewanya dikarenakan berbagai faktor. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Instagram menggulirkan rangkaian aktivasi digital melalui Reels yang melibatkan kontestan dan masyarakat umum dari seluruh wilayah Indonesia. Kami percaya sinergi Reels dan KompasTV lewat ajang SUCI X mampu menyaring dan menampilkan lebih banyak talenta baru stand-up comedy di Tanah Air,” ujar Fina.

Instagram dan SUCI X

Program #TawaDiReels SUCI X ini terdiri dari pelatihan intensif serta rangkaian aktivasi digital di Reels yang tidak hanya bisa diikuti oleh kontestan SUCI X, namun juga seluruh masyarakat Indonesia. Program kolaboratif tersebut antara lain:

  • #AudisiSUCIXdiReels: Tahap audisi online di mana para peserta dapat mengikuti audisi SUCI X secara virtual dengan mengunggah konten stand-up comedy melalui Reels.
  • #KelasTawaDiReels: program pelatihan intensif oleh tim Creator Partnership Instagram, di mana para kontestan SUCI X akan dibekali dengan best practices dalam menghasilkan dan membagikan konten komedi melalui Reels, serta kiat-kiat membangun engagement yang lebih erat dengan audiens.
  • #SUCIXTerfavoritDiReels: Salah satu babak kompetisi di mana 13 kontestan SUCI X akan bersaing dalam menciptakan konten komedi terlucu di Reels.
  • #RameinSUCIXdiReels: di mana masyarakat umum bisa turut serta meramaikan kompetisi SUCI X dengan mengunggah konten stand-up comedy orisinil melalui Reels. Konten komedi terbaik akan ditayangkan dalam program SUCI X.

Saat ini, audisi online SUCI X di Reels sedang berlangsung hingga 20 Juli mendatang. Cara mengikuti audisi online ini sangat mudah yaitu, unggah konten stand-up comedy orisinil dengan durasi maksimal 90 detik melalui fitur Reels di Instagram pribadi (pastikan akun tidak terkunci). Tag @sucikompastv serta tambahkan hashtag #AudisiSUCIXdiReels #SUCIXTemanTertawa #TawaDiReels.

Sebanyak 10 peserta dengan konten terlucu akan memenangkan hadiah senilai total 30 juta rupiah, dan 3 peserta terbaik akan diterbangkan ke Jakarta untuk mengikuti Audisi Utama pada akhir Juli 2022. Selain dilakukan secara online, audisi SUCI X juga berjalan di kota-kota besar yaitu Jakarta, Yogyakarta, Banjarmasin, Bali, Surabaya, Palembang, dan Semarang.

Memang banyak Komika yang lahir dari acara SUCI ini. Sebagian seasons bahkan dimenangkan oleh perempuan, seperti Arafah Riyanti, Neneng Risma Wulandari, Kiky Saputri, Aci Resti, dan lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini