Instagram Uji Coba Fitur Baru untuk Verifikasi Usia Pengguna

0
Verifikasi Usia

Gagdetdiva.id — Instagram dikabarkan sedang melakukan uji coba fitur verifikasi Usia terbaru untuk beberapa pengguna di Amerika Serikat. Kabar tersebut disampaikan pada Kamis (23/6).

Layanan berbagi foto miik Meta ini menyatakan sedang menguji dua cara baru untuk lakukan verifikasi usia seseorang. Selain, memungkinkan pengguna untuk mengunggah bukti identitass mereka secara online.

Verifikasi Usia
Foto: Unsplash/ Kate Torline

“Ketika kami mengetahui jika seseorang masih remaja (13-17 tahun), kami memberi mereka pengalaman yang sesuai dengan usia seperti memasukkan mereka ke akun pribadi, mencegah kontak yang tak diinginkan dari orang dewasa yang tidak merasa kenal dan membatasi opsi yang dimiliki pengiklan untuk menjangkau mereka dengan iklan,” ujar Erica Finkle selaku direktur tata kelola data di Meta yang dikutip dari Reuters.

Fitur Verifikasi Usia Instagram Hadirkan Dua Opsi Kemanan

Verifikasi Usia
Foto: Unsplash/Alex Bracken

Instagram sendiri menyatakan bahwa mereka telah bermitra dengan Yoti. Yakni, sebuah perusahaan yang berspesialisasi dalam verifikasi usia pnline untuk memastikan privasi pengguna.

Pengguna sendri dapat mengunggah video selfie untuk memverifikasi usia mereka. Setelah itu, teknologi Yoti sendiri akan memperkirakan usia merkea berdasarkan fitur wajah. Nantinya, kedua pihak akan menghapus gambar setelah usia diverifikasi.

Pilihan lainnya adalah pengguna dapat memilih tiga followers bersama untuk mengonfirmasi usia pengguna. Orang yang melakukan vouching tersebut harus berusia minimal 18 tahun.

Verifikasi Usia
Unsplash/Solen Feyissa

Langkah tersebut dilakukan setelah Instagram menghentikan peluncuran Instagram kids tahun lalu. Setelah mereka menerima kritik dan tantangan untuk proyek tersebut.

Instagram Kids sendiri disebut membutuhkan izin orang tua untuk bergabung. Platform seharusnya menyediakan konten bebas iklan dan sesuai usia.

Namun, anggota parlemen AS dan kelompok advokasi mendesak mereka untuk membatalkan rencana peluncurannya. Alasannya karena masalah kemanan.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan