Begini Cara Mengetahui Akun Instagrammu Diretas

0
39
Kejahatan Siber

Gadgetdiva.id — Penting bagi kita semua untuk mengidentifikasi tanda-tanda akun Instagram milik kita sedang diretas. Dengan begitu, kita bisa jadi lebih waspada dalam menyebarkan informasi pribadi dalam platform tersebut.

Baru-baru ini dikabarkan bahwa terjadi peningkatan insiden peretasan dalam platform Instagram. Dari semua aplikasi media sosial, Instagram menjadi salah satu yang paling rentang terhadap phising dan penipuan online lainnya.

Akun Instagram
Unsplash/Thought Catalog

Seperti aplikasi lainnya, Instagram terintegrasi dengan aplikasi lain dan menggunakan penyimpanan cloud guna menyimpan foto dan informasi profil. Meski, hal tersebut akan menjadi akses yang mudah bagi pengguna, langkah-langkah keamanan perusahaan tidak sebanding dengan peretas canggih yang mencari cara untuk membobolnya.

Setelah mereka dapat meretas akses, para peretas tersebut mungkin dapat melihat detail perbankanmu dan informasi sensitif lainnya. Lantas, bagaimana cara mengetahui tanda-tanda akun Instagrammu diretas? Simak ulasannya ya, Paradiva.

Cara mengetahui akun Instagrammu diretas

Cara yang paling pasti mengetahui apakah akunmu telah diretas adalah jika kamu tidak dapat melakukan login. Dalam hal ini, kamu harus mengambil langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Periksa apakah kamu menerima email dari [email protected]
  2. Saat kamu menemukan email, cari tombol “revert this change” pada pesan, lalu pilih. Setelah kamu mengkliknya, Paradiva mungkind apat membatalkan perubahan melalui Instagram.

Kamu juga dapat meminta tautan masuk, kode keamanan atau dukungan dari Instagram untuk menyelesaikan masalahmu tersebut. Instagram juga mungkin meminta kamu untuk memverifikasi informasi dengan foto, sehingga mereka tahu bahwa akunmu sedang diretas.

Akun Instagram
Foto: Unsplash/Alex Bracken

Tanda lain bahwa akun tersebut terdiri dari email atau nomor telepon teerdaftarmu telah diubah. Ini merupakan hal pertama yang akan diubah oleh mereka sehingga kamu akan berhenti mendapatkan notifikasi.

Paradiva juga dapat memeriksa laman pengaturan untuk melihat apakah ada perangkat asing yang masuk dalam akunmu. Jika kamu telah melihat aktivitas yang aneh seperti pesan tidak dikenal ke orang lain yang dikirim dari akunmu, berlangganan aku baru atau akunmu diblokir karena keluhan spam, kemungkinan besar peretas sedang mengendalikan akunmu.

Cara proteksi akun Instagram dari peretas

Ortal Levitan, pakar media sosial menyatakan bahwa peretas biasanya akan mengirim DM kepada kamu dari akun yang persis seperti akun Instagram resmi.

“Pesan-pesan ini menyatakan bahwa akun mereka telah melanggar pedoman Instagram atau mereka telah melakukan sesatu yang  berentangan dengan Instagram,” jelas Ortal dalam video Youtube-nya yang dikutip dari Slash Gear.

Akun Instagram
Ilustrasi Hacker (foto: Istimewa)

Ia menambahkan bahwa poin utama dari pesan ini adalah pengirim ingin kamu mengklik tautan berbahaya tersebut. Setelah kamu mengklik tautan tersebut, mereka dapat mencuri semua informasimu yang masuk dan dapat mengakses akunmu.

Hal pertama yang perlu kamu ketahui ialah Instagram tidak pernah mengirim DM kepada siapapun. Jika kamu mendapatkan pesan pada kotak masuk dari seseorang yang mengklaim bahwa mereka berasal dari Instagram, maka itu merupakan penipuan.

Cara lain untuk melindungi akunmu adalah dengan menggunakan password yang lebih sulit untuk masuk ke akunmu. Selain itu, kamu dapat mengatur otentifikasi dua faktor yang mengharuskanmu memasukkan tambahan atau mengonfirmasi akunmu melalui aplikasi pihak ketiga seperti Google Authenticator saat masuk ke salah satu akunmu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini