Pluang Sebut Perempuan Berkontribusi Besar dalam Green Digital Economy

0
green digital economy
Photo by Fabian Møller on Unsplash

Gadgetdiva.id — Platform investasi digital Pluang memiliki keyakinan jika perempuan berkontribusi besar dalam ekonomi digital hijau (Green Digital Economy). Menurut mereka, generasi muda perlu memiliki kesadaran lingkungan dalam berinvestasi karena nilai investasi bukan hanya sekedar akumulasi aset.

Kartika Dewi, Head of Corporate Communications Pluang mendorong generasi muda Indonesia untuk melihat investasi sebagai penentu masa depan yang lebih berkelanjutan. Melalui Investasi berbasis environment, social and governance (ESG) terbukti lebih diminati dan menjadi tren investasi global di kalangan anak muda khususnya investor perempuan.

“Perempuan memiliki potensi untuk mendorong ekonomi hijau melalui investasi hijau. Mengacu pada data UBS, partisipasi perempuan dalam investasi hijau telah menjadi tren global. Sebanyak 74% investor perempuan mempertimbangkan aspek keberlanjutan saat berinvestasi dalam bisnis. Dengan besarnya preferensi perempuan dalam investasi berbasis ESG, kami melihat tren ini sebagai momentum yang baik untuk mendorong lebih banyak inklusi keuangan” ujar Tika.

green digital economy

Generasi muda perlu memiliki kesadaran lingkungan dalam berinvestasi karena nilai investasi bukan hanya sekedar akumulasi aset. Investasi juga dapat menentukan masa depan kehidupan planet yang lebih layak huni. “Berdasarkan data yang dihimpun Bloomberg, mayoritas generasi muda secara global menilai green investment sebagai tren investasi dengan potensi pertumbuhan terbesar di tahun 2021.

Perempuan dan Green Digital Economy

Pada kuartal I 2022, arus modal yang mengalir ke perusahaan-perusahaan dengan komitmen pada isu keberlanjutan mencapai USD 7,3 miliar dan menjadi rekor tertinggi sepanjang sejarah.” jelas Tika.

Komunike KTT Y20 Indonesia 2022 menyebutkan bahwa pembiayaan proyek pembangunan berkelanjutan membutuhkan mekanisme yang berbeda dari pembiayaan bisnis pada umumnya. Senada dengan usulan kebijakan dari Y20 Indonesia 2022, green investment bisa menjadi salah satu pilihan pembiayaan proyek pembangunan dalam proses bertransisi ke ekonomi hijau. Pluang sebagai official partner Y20 Indonesia 2022 turut mendukung hasil komunike KTT Y20 Indonesia 2022 melalui penyediaan pilihan investasi hijau.

Dengan transformasi digital, perempuan memiliki peranan yang lebih signifikan untuk mewujudkan masa depan yang lebih berkelanjutan. Sayangnya, perempuan baru mengambil sepertiga dari proporsi pengguna aktif Pluang. “Jumlah investor perempuan ternyata masih kurang dari 30% dari keseluruhan jumlah pengguna Pluang. Padahal, perempuan memegang peranan penting dalam tata kelola finansial dalam berbagai sektor termasuk rumah tangga. Kedepannya Pluang berkomitmen untuk memperluas cakupan program literasi keuangan kami sehingga bisa menjangkau lebih banyak investor perempuan baru dan menciptakan kondisi investasi yang inklusif bagi perempuan,” kata Tika.

Untuk memperluas cakupan literasi keuangannya, Pluang sebagai platform investasi digital multi aset memperkenalkan praktik investasi hijau dalam panel diskusi yang bertajuk “Pelajar & Green Digital Economy” pada Nusantara Millennial Summit 2022.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan