Kehabisan memori di smartphone? Coba solusi ini

0

Diva says – Hai girls, kali ini gadgetdiva akan memberikan solusi yang bermanfaat buat kamu nih. Pasti kamu jadi bete kan kalau lagi foto-foto pas liburan eh tiba-tiba ada notifikasi bahwa memori internal smartphone kamu  sudah habis. Kesel banget kan? Nah, oleh karena itu ada beberapa aplikasi solusi yang bisa kamu gunakan.

Sebelum lanjut, ada yang harus kamu tahu nih. Apple menawarkan solusi berbayar, yaitu dengan meningkatkan akun iCloud kamu untuk mengambil lebih banyak foto, di camping tawaran penyimpanan gratis 5GB di iCloud. Sedangkan Samsung memiliki layanan yang serupa, dengan penyimpanan gratis 15GB.

Selaln itu, ada beberapa aplikasi penyimpanan yang bisa kamu gunakan, di antaranya,

  1. Google Photos atau Amazon Photos

Kedua aplikasi ini menawarkan unggahan gratis tanpa batas, dan cadangan otomatis semua foto dan video. Untuk Google Photos memiliki unggahan gratis dengan resolusi sedikit lebih rendah, sedangkan untuk Amazon Photos menawarkan resolusi penuh, tapi hanya untuk member yang membayar US$199 per tahun. Ketika penyimpanan sudah penuh, buat cadangan data kamu disini, konfirmasikan dan hapus data yang telah dicadangkan.

  1. Hapus Aplikasi

Hapus aplikasi yang tidak kamu butuhkan lagi, caranya buka bagian pengaturan pada smartphonemu dan periksa ukuran pada setiap aplicais. Jika kamu tidak membutuhkan atau tidak memerlukannya lagi, hapus saja ya girls. Aplikasi yang tidak kamu butuhkan lagi hanya membuat penyimpanan kamu menjadi penuh.

  1. Hapus Video

Selain aplikasi, video juga mengambil lebih banyak ruang daripada yang lainnya. Jika kamu tidak mau berlangganan aplikasi penyimpanan, tak mau gunakan Google Photos atau Amazon Photos, mulailah menghapus video dari smartphone kamu.

  1. Beli penyimpanan

Dan ketika semuanya gagal, bersiaplah untuk menghabiskan uang ya girls. Google One menawarkan penyimpanan gratis paling murah yaitu 15 GB, dibandingkan dengan 5 GB dari Apple dan Microsoft OneDrive, atau hanya 2 GB dari Dropbox. Tetapi layanan ini, dengan pengecualian iCloud, tidak akan mencadangkan aplikasi, hanya foto dan video. Dengan triliunan foto yang diambil setiap tahun di smartphone, kemungkinannya adalah, kita harus membayar untuk upgrade. Opsi termurah berasal dari Apple dan Microsoft, dengan 99 sen per bulan untuk 50 GB, atau US$1,99 untuk 100 GB dari Google. Kecuali Anda sangat baik dalam mentransfer gambar di tempat lain, 50 atau 100 GB tidak akan membantu Anda. Jika itu tidak cukup, US$5,83 per bulan akan membeli Anda 1 Terabyte penyimpanan dari Google. Untuk US$9,99 per bulan, Apple, Google dan Dropbox semuanya akan menawarkan 2 TB.

  1. Kurangi penyimpanan teks

Untuk smartphone kamu yang Apple cobain cara ini deh karena kalau kamu tidak mengatur settingan iMessages di setiap obrolan yang kamu lakukan di aplikasi pesan maka obrolan itu akan tersimpan di memori. Agar penyimpanan internal kamu berkurang, caranya adalah Pilih menu Settings > Messages > Save Messages lalu pilih menu jangka waktu menyimpan pesan yang kamu inginkan. Jangan memilih menu Forever ya karena nanti pesan kamu bakal tersimpan secara otomatis di ruang penyimpanan internal.

Nah itu girls itulah beberapa solusi yang Gadgetdiva berikan untuk kamu. Kalau sudah berhasil, ceritain dong di kolom komentar.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan