Bikin To Do List, Pakai Kertas atau Digital?

0
to do list
Photo by Thomas Bormans on Unsplash

Gadgetdiva.id — Pentingnya to do list dalam melakukan tugas sehari-hari. Di kantor tentunya Anda akan dijejali dengan daftar tugas dan pekerjaan yang harus Anda prioritaskan satu demi satu. Sementara itu manajemen waktu dianggap sebagai pekerjaan yang cukup sulit dan menantang sebab segala sesuatu dapat berubah tidak sesuai dengan rencana kita. Oleh karena itu pembuatan to do list akan akan sangat membantu memecahkan permasalahan ini. 

Dulu saat jaringan internet tergolong masih baru, orang-orang menggunakan kertas dan pena untuk mengorganisir berbagai tugas yang hendak diemban. Kertas itu maksudnya dapat berupa buku catatan kecil, buku diary, kertas pesan tempel, atau bahkan secarik kertas.   

Dan seiring berjalannya waktu yang diikuti oleh semakin canggihnya dunia teknologi internet, membuat daftar tugas atau to do list saat ini tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan kertas saja, tapi juga dapat dilakukan melalui sebuah aplikasi digital yang bisa diunduh dengan mudah dan cepat.

to do list

Pada kenyataanya fenomena ini terjadi pada sepuluh tahun belakangan ini dimana banyak aplikasi digital telah lahir yang menggantikan peran penting dari pulpen dan secarik kertas, termasuk untuk membuat daftar tugas-tugas. Ada juga aplikasi efektif dan penting lainnya yang dapat memudahkan pekerjaan kantor atau tugas kuliah sehari-hari seperti aplikasi untuk mengubah PDF ke Word dan Word ke PDF. Dapat dikatakan bahwa hari ini semuanya serba digital.  

Lalu pertanyaannya sekarang adalah manakah yang lebih efektif, membuat daftar tugas dengan kertas ataukah dengan aplikasi digital? Pertanyaan ini tentu cukup menarik perhatian banyak orang sebab kedua metode ini ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan yang sulit untuk dihindari.  

Untuk mengetahui manakah yang lebih efektif, berikut kami hadirkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing cara kertas dan cara digital dalam membuat daftar tugas yang perlu diperhatikan, sebagai berikut:

Kelebihan Membuat To Do List dengan Kertas:

  • Menulis pada kertas itu terasa asyik

Banyak orang yang merasa puas dan senang saat menuliskan daftar tugas atau apa saja di atas secarik kertas. Disamping itu, ada perasaan bangga saat Anda dapat menyelesaikan suatu tugas yang tertulis pada kertas itu. 

  • Memiliki akses yang lebih luas

Tidak masalah Anda menulis daftar tugas Anda pada sebuah buku diary atau buku catatan kecil, Anda dapat membawanya kemana saja Anda pergi. Karena itu, Anda tidak perlu bergantung kepada perangkat elektronik, akses internet atau bahkan daya baterai. Selain itu Anda juga tidak akan bergantung kepada sistem operasi sebuah perangkat elektronik, dan lain sebagainya. 

  • Menjauhkan Anda dari layar

Menjauhkan diri dari layar perangkat elektronik ternyata dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata Anda. Hal itu berbeda saat Anda melihat daftar tugas Anda yang tertulis pada secarik kertas.

Dampak Buruk Membuat To Do List dengan Kertas:

  • Dapat memperlambat penulisan 

Ketika Anda sering menggunakan laptop komputer untuk menulis, maka kemungkinan besar Anda akan merasa sedikit mengalami kesulitan saat menulis di atas kertas. Anda tentu saja masih dapat menulis, tapi dengan sedikit perlahan. 

  • Buku catatan tertinggal

Anda mungkin saja lupa membawa buku catatan kecil saat Anda pergi ke luar rumah. Hal ini berbeda dengan aplikasi yang selalu berada di ponsel pintar atau tablet Anda. 

  • Tidak memiliki alarm pengingat

Alarm pengingat ini sangat penting untuk mengingatkan Anda tentang deadline tugas. Tapi fitur ini tidak mungkin Anda temukan pada sebuah buku catatan Anda. 

Kelebihan Membuat Daftar Tugas Pakai Aplikasi Digital:

  • Mudah untuk menyortir dan membuat daftar tugas

Dengan aplikasi, Anda dapat membuat draft sebuah tugas baru yang harus dilakukan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan sortir secara mudah sesuai keinginan Anda. 

  • Dapat membuat daftar tugas sesuai selera

Ada banyak format yang disediakan sebuah aplikasi digital, dengan keunikan dan pemberian warna yang disesuaikan dengan selera Anda. 

  • Memungkinkan untuk penjadwalan ulang 

Aplikasi akan lebih fleksibel dalam melakukan penjadwalan ulang tugas-tugas jika terjadi perubahan rencana. Anda cukup mengubah deadline atau tingkat prioritas sesuai dengan skenario yang baru. 

Dampak Negatif Bikin Daftar Tugas dengan Aplikasi Digital

  • Masalah keamanan

Karena biasanya catatan itu disimpan secara online, maka hal itu rentan dengan pencurian data dan berbagai ancaman kejahatan siber lainnya. 

  • Mengurangi kesehatan mata

Anda akan sering menatap layar perangkat elektronik Anda, yang mungkin saja akan membuat kedua mata Anda kurang sehat.

Baca juga: 5 Tips Main Game Pakai PC Low-End


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan