Spotify Gelar Konferensi Podcast pertamanya bertajuk All Ears

0
Spotify

Hampir seribu peserta, termasuk deretan kreator lokal dan penggiat industri menghadiri Konferensi Podcast pertama Spotify di Asia di Jakarta pada hari Rabu 16 November lalu untuk membahas bagaimana hubungan antara masyarakat Indonesia dengan podcast berubah serta bagaimana Spotify mempelopori pertumbuhan podcast di Indonesia.

Dalam konferensi yang digelar di The Kasablanka Main Hall tersebut, Spotify mengungkapkan bahwa fitur Video Podcast kini sudah tersedia untuk semua kreator. Di awal tahun, Spotify meluncurkan serangkaian Video Podcast Original dan Exclusive untuk memperluas catalog konten dalam platform dan kini, semua kreator podcast dapat memanfaatkan fitur tersebut melalui Anchor, platform podcasting milik Spotify.

Selama sehari penuh, peserta disuguhi berbagai keynotes, panels, dan workshops yang inspiratif dan diisi berbagai pembicara terbaik di industri. Teman Tidur, Kita dan Waktu, BKR Brothers, RAPOT, dan masih banyak lagi datang berdiskusi dan bertukar ide mengenai cara untuk mendorong pertumbuhan podcast di Indonesia kedepannya.

Mulai dari kreator yang membagikan perjalanan podcast mereka, sampai para pakar yang membagikan data dan tren di Indonesia, semua sesi dikemas secara padat dan menyenangkan sepanjang hari.

Spotify

 

“Kami telah melihat pertumbuhan yang luar biasa di dunia podcast di Indonesia. Sejak peluncuran podcast dalam Spotify di Indonesia pada tahun 2019, kami melihat adanya 5x lipat peningkatan dalam jumlah konsumsi podcast di Spotify,” ungkap Gautam Talwar, General Manager Spotify, Asia Pacific.

Gautam menambahkan bahwa sejak 1 November 2022, Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar podcast Spotify terbanyak secara global. Semua pencapaian ini diperoleh berkat upaya Spotify yang memungkinkan kreator lokal untuk terus berkarya mereka melalui inovasi dan kemudahan akses terhadap keahlian Spotify di industri ini.

Beberapa inisiatif tersebut mencakup kemitraan dengan Siberkreasi untuk mengadakan kelas-kelas podcasting dan workshop dengan para kreator dan ahli, serta melalui Video Podcast yang kini tersedia melalui Anchor, gratis bagi semua lapisan masyarakat.

Spotify

 

Saat ini 95 persen podcast di Indonesia dibuat melalui Anchor, menjadikan Indonesia di posisi teratas di seluruh dunia untuk adopsi penggunaan Anchor dalam pembuatan konten podcast.

“Kami percaya Indonesia siap untuk pertumbuhan yang lebih besar tahun depan. Bahkan, 1 dari 4 pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap harinya. Kami akan terus memperluas dan mendukung pertumbuhan industri podcast di Indonesia,” tutup Carl Zuzarte, Head of Studios Spotify Southeast Asia.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini