Deretan Akun Twitter yang Diblokir, Dibuka Kembali Oleh Elon Musk

0
akun twitter yang diblokir

Gadgetdiva.id — Elon Musk membuka akun Twitter yang diblokir. Ternyata tidak hanya  membuka akun Twitter milik Donald Trump, tapi banyak akun yang sudah diblokir kemudian dibuka kembali. Akun-akun tersebut rata-rata milik selebriti dan tokoh ternama, yang artinya sudah pasti merupakan teman pemilik baru Twitter itu.

Elon Musk, merupakan pemilik baru Twitter. Pada hari dimana Elon Musk mengambil alih Twitter, ia mengeluarkan pernyataan bahwa akan memulihkan akun Twitter yang telah diblokir sebelumnya. Dia juga sempat membuat polling terlebih dahulu, meminta persetujuan netizen apakah akun Donald Trump boleh dibuka kembali.

akun twitter yang diblokir

Selain Donald Trump, siapa saja akun Twitter yang diblokir yang telah dibuka kembali oleh Elon Musk? Kali ini gadgetdiva telah menyusun daftar akun paling terkenal yang telah dicabut blokirnya.

Donald Trump

Akun Twitter yang paling menonjol dan telah dipulihkan adalah @realDonaldTrump milik mantan Presiden Donald Trump. Akun Twitter tersebut secara resmi dilarang dari platform pada 8 Januari 2021, menyusul peristiwa 6 Januari, di mana pendukung Donald Trump menyerbu gedung Capitol dalam upaya membatalkan hasil pemilu 2020.

akun twitter yang diblokir

Twitter mengatakan bahwa pihaknya “menangguhkan secara permanen” akun twitter Donald Trump pada saat itu karena digunakan untuk menghasut kekerasan. Namun, Donald Trump belum men-tweet sejak akunnya dipulihkan. Mantan presiden Amerika tersebut sebelumnya menyatakan bahwa dia tidak akan men-tweet meskipun tidak ditangguhkan, karena sekarang memiliki platform media sosialnya sendiri, Truth Social, yang ingin dipromosikan.

The Babyloon Bee, Akun Twitter yang Diblokir

Salah satu akun pertama yang dipulihkan Musk adalah The Babylon Bee, sebuah situs web humor yang mencoba meniru The Onion. Babylon Bee sebenarnya tidak dilarang atau ditangguhkan secara permanen . Akun Twitter miliki situs web tersebut ditangguhkan sementara pada bulan Maret. Pihak Twitter hanya meminta The Babylon Bee menghapus tweet yang melanggar kebijakan konten. Namun, karena telah menolak untuk menghapus tweet tersebut, akun mereka tetap ditangguhkan.

Dalam hal ini, tweet yang dipermasalahkan oleh pihak Twitter ternyata hanya sebuah kesalahpahaman kepada asisten sekretaris kesehatan Amerika Serikat, Rachel Levine. Musk tidak meminta The Babylon Bee menghapus tweet tersebut sebelum kembali memulihkan akun mereka. Menurut karyawan Twitter, ketika Musk mengambil alih pada akhir Oktober, salah satu prioritasnya adalah memulihkan akun Babylon Bee.

Jordan Peterson

Jordan Peterson adalah seorang jurnalis asal Kanada yang akun Twitter-nya dipulihkan kembali oleh Elon Musk. Akun Peterson diaktifkan kembali bersamaan dengan akun Babylon Bee pada 18 November. Peterson, yang juga menjadi pembawa acara di Daily Wire, awalnya diskors pada bulan Juni karena kesalahan pada penyebutan gender aktor Elliot Page. Peterson juga dengan sengaja menamai aktor tersebut yang mengacu pada nama sebelumnya.

Seperti halnya akun Babylon Bee, Twitter pada saat itu meminta Jordan Peterson menghapus tweet tersebut untuk dapat mengaktifkan kembali akunnya. Peterson menolak, tetapi Pada bulan Agustus, ia memberi kredit dan menghapus tweet yang menjadi permasalahan. Peterson telah kembali ke Twitter, menuntut agar Elon Musk mengambil tindakan terhadap pengguna yang memposting di Twitter secara anonim.

Andrew Tate

Mantan influencer yang juga merupakan seorang kickboxer dan telah berubah menjadi pengusaha internet, Andrew Tate menjadi berita yan sangat menarik setelah hampir setiap platform media sosial melakukan penangguhan karena melanggar kebijakan kebencian dengan konten miliknya.

Twitter sebenarnya telah menangguhkan Tate jauh sebelum Facebook dan YouTube. Twitter menangguhkan Tate pada tahun 2017 ketika dia mengatakan sesuatu yang kontroversial terkait korban pemerkosaan. Tate diam-diam dipulihkan di bawah kepemilikan Twitter yang baru, Elon Musk selama akhir pekan. Dia sudah berterima kasih kepada bos Twitter tersebut karena membatalkan pencekalan akunnya dan mulai mempromosikan skema pemasaran usaha internet miliknya.

Kanye West

Mantan suami Kim Kardashian itu kabarnya juga telah mendapatkan akun Twitternya kembali. Bahkan dalam postingan pertamanya setelah akun Twitter yang diblokir dibuka, dia mengumumkan akan mengikuti proses pemilu, tepatnya mencalonkan diri menjadi Presiden AS.

Pria yang mengubah namanya menjadi Ye itu sempat diblokir oleh Twitter dan tidak bisa mencuitkan curahan hatinya karena kerap tersandung kontroversi. Dia sempat membuat gerah banyak orang karena membuat pesan anti-semitic yang menuduh seorang musisi dikuasai oleh “orang-orang Yahudi.” Pesan tersebut mengacu pada teori konspirasi yang sudah lama ada. Bahkan saat Instagram memblokir akunnya, dia mencaci maki CEO Meta, Mark Zuckerberg dan memposting foto Mark sedang berkaraoke.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini